Advertisement

Chery Berencana Tambah Produksi Mobil di Indonesia, Akan Saingi DFSK dan Wuling?

Rahmad Fauzan
Kamis, 15 September 2022 - 04:47 WIB
Sirojul Khafid
Chery Berencana Tambah Produksi Mobil di Indonesia, Akan Saingi DFSK dan Wuling? SUV Chery seri Tiggo bakal meluncur di Indonesia. - CMI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Chery Motor berencana menambah kapasitas produksi tahunan mobil di Indonesia mencapai 20.000 unit. Dengan penambahan tersebut, Chery bakal menyalip kompetitor senegaranya DFSK dan mengejar volume produksi Wuling di Indonesia. 

Executive Vice President of Cherry International, Zhang Sheng Shan, mengatakan penambahan kapasitas produksi tersebut merupakan kelanjutan dari investasi tahap awal perusahaan di Tanah Air senilai US$1 miliar.

Advertisement

"Tahap pertama, periode 2022-2024, Chery akan memproduksi 20.000 unit per tahun di Indonesia. Tahap selanjutnya, perusahaan akan memproduksi 50.000 unit per tahun," jelasnya dalam wawancara virtual, Rabu (14/9/2022).

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), target produksi tahap kedua sebanyak 20.000 unit per tahun setara dengan sekitar 1,7 persen dari total produksi tahunan 10 besar merek mobil di Tanah Air.

BACA JUGA: Daftar 43 Motor dan Mobil Dilarang Pakai Pertalite: Dari Honda, Toyota, Hingga Yamaha

Kompetitor senegara Chery di China, yakni DFSK, tercatat memproduksi sebanyak 5.263 unit mobil per tahun di Indonesia pada 2021. Artinya, dari sisi target produksi, Chery Motors bakal jauh menyalip DFSK di sebagai kompetitor di industri otomotif RI.

Sementara itu, kompetitor senegara lainnya, Wuling, memproduksi hingga 26.277 unit per tahun pada 2021. Wuling merupakan produsen mobil asal China dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia.

Total, Gaikindo mencatat dari total sebanyak 1.121.967 unit mobil yang diproduksi tahun lalu, produsen asal Jepang masih mendominasi dengan persentase 96,7 persen pada 2021.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) mengatakan secara bertahap Chery Motor akan memproduksi kendaraan jenis SUV dengan total 9 model, di antaranya untuk kebutuhan ekspor. Selanjutnya, PT. Chery Motors Indonesia akan melakukan 4 tahapan investasi hingga 2028.

"Chery telah melakukan komunikasi intensif dengan Kemenperin dan menyatakan komitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai hub Asean dan bagian dari ekspor global perusahaan tersebut," ujar Agus beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Carsome Bangun Fasilitas Rekondisi Mobil Bekas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement