Advertisement

BPKB Elektronik Bakal Pakai Teknologi Chip Rilis Tahun Ini, Apa Fungsinya?

Hesti Puji Lestari
Rabu, 28 September 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
BPKB Elektronik Bakal Pakai Teknologi Chip Rilis Tahun Ini, Apa Fungsinya? Pada saat mengurus mutasi, pemilik kendaraan harus menyiapkan materai 6000 untuk melengkapi kwitansi pembayaran supaya dianggap legal. - Polri

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Pengguna kendaraan bermotor tampaknya harus bersiap dengan pembaharuan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Sebab saat ini, Polisi sedang mengembangkan BPKB Elektronik yang menggunakan teknologi chip di dalamnya.

Ada dua alasan yang cukup masuk akal mengapa Polisi mulai akan mengembangkan BPKB Elektronik yang rencananya akan dirilis tahun ini. Pertama adalah soal kemudahan. Karena berbentuk elektronik, maka BPKB memiliki bentuk yang lebih ringkas. Selain itu, BPKB elektronik juga dikatakan terintegrasi data terpusat Korlantas Polri.

Advertisement

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, mengatakan jika dengan BPKB Elektronik, maka mutasi kendaraan akan memakan waktu yang lebih singkat.

BACA JUGA: Mobil Isuzu Panther yang Pernah Dimiliki Jokowi Dilelang Rp300 Juta

"BPKB baru kami akan upayakan untuk tahun ini, memang kami gunakan ada teknologi chip disitu untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semua," katanya.

"BPKB nanti akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP," sambung Yusri.

Belum diketahui seperti apa bentuk BPKB Elektronik yang akan mengusung teknologi chip ini. Kemungkinan bentuknya akan sama seperti SIM dan KTP Elektronik yang sudah digunakan sebelumnya.

Akan tetapi bagaimanapun bentuknya, BPKB Elektronik akan lebih ringkas. Saat ini BKPB berbentuk kertas yang isinya berlembar-lembar dan memuat identitas kendaraan dan nama pemilik.

BACA JUGA: Honda New Vario 125 Versi Baru, Ini Perubahan dan Harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ntmc_polri

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement