Advertisement

Waduh, Ternyata Karyawan TikTok Bisa Akses Data Pengguna dari Jarak Jauh

Hesti Puji Lestari
Selasa, 08 November 2022 - 02:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Waduh, Ternyata Karyawan TikTok Bisa Akses Data Pengguna dari Jarak Jauh TitTok - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pengguna TikTok perlu waswas sejak sekarang. Pasalnya, ternyata karyawan perusahaan tersebut bisa mengakses data pengguna dari jarak jauh.

Kini TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Namun, di balik pesonanya, ada bahaya yang mengintai.

Advertisement

Dilansir dari BBC, TikTok telah mengonformasi jika mereka memberikan izin beberapa karyawan mengakses data pengguna dari jarak jauh.

Kepala Privasi Platform untuk Eropa, Elaine Fox mengatakan bahwa tim global membantu menjaga pengalaman pengguna tetap "konsisten, menyenangkan, dan aman".

"Upaya kami berpusat pada pembatasan jumlah karyawan yang memiliki akses ke data pengguna Eropa, meminimalkan aliran data di luar kawasan, dan menyimpan data pengguna Eropa secara lokal," katanya.

Meski demikian, hanya sembilan negara yang data penggunanya bisa diakses oleh beberapa karyawan TikTok.

Kesembilan negara yang dimaksud adalah Brasil, Kanada, Cina, Israel, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Mengacu pada masalah ini, Amerika Serikat tengah melakukan penyelidikan lanjutan tentang ketentuan data dan privasi yang ditetapkan TikTok.

Jika aplikasi ini benar-benar menyalahi aturan, maka pemerintah AS tidak segan-segan melarang TikTok beredar di wilayah mereka.

Beberapa anggota parlemen Inggris sudah beramai-ramai menghapus akun TikTok mereka setelah ada seruan soal kebocoran data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

News
| Senin, 27 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement