Advertisement

Lupakan Sejenak Siaran Analog yang Dimatikan, Perusahaan Ini Bikin TV Seukuran Perangko

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 11 November 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Lupakan Sejenak Siaran Analog yang Dimatikan, Perusahaan Ini Bikin TV Seukuran Perangko TV mini yang diproduksi TinyCircuits. / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu perusahaan perangkat keras elektronik baru-baru ini meluncurkan perangkat televisi terkecil di dunia yang hanya seukuran perangko..

Melansir Oddity Central, TinyCircuits, sebuah perusahaan perangkat keras yang mengkhususkan diri dalam menciptakan perangkat elektronik kecil itu merilis televisi mini yang hanya berukuran 1 inci (26 mm) dan seri lainnya bahkan lebih kecil dari itu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Saat ini, anggapan umum menyatakan bahwa televisi modern mensyaratkan bahwa ukuran yang lebih besar, maka lebih baik. Meski demikian, perusahaan TinyCircuits justru melawan tren dengan menciptakan TV mini.

TinyCircuits telah menciptakan perangkat televisi terkecil di dunia yaitu TinyTV 2 dan TinyTV Mini. Meskipun perangkat yang tampak retro ini mungkin seukuran perangko, mereka benar-benar berfungsi sebaik TV ukuran biasa, yang menampilkan tombol pengatur saluran dan volume, remote control, penyimpanan 8Gb, bahkan konektivitas PC untuk mengunggah video.

TinyTV 2 memiliki layar 1,0 inci (26 mm) dan berada di atas speaker depan berukuran 0,6 kali 0,4 inci (16 kali 9 mm) yang pertama hadir dengan layar IPS TFT

Sedangkan TinyTV Mini yang lebih kecil memiliki layar 0,6 inci (15 mm) dan menampilkan layar OLED yang cerah. Keduanya memiliki kapasitas internal yang sama yaitu 8 Gb, dan dilengkapi dengan serangkaian video yang telah dimuat sebelumnya. Kedua jenis TV itu juga dapat dihubungkan ke komputer melalui USB-C.

Tiny Circuits juga menawarkan konverter video gratis yang membantu pengguna mengubah video menjadi file yang dapat diputar di TinyTV. Menariknya, pengguna juga dapat mengalirkan video ke TinyTV 2 atau TinyTV Mini dari komputer melalui USB-C, menggunakan perangkat lunak gratis perusahaan. Dalam hal masa pakai baterai, TinyTV 2 memiliki baterai internal yang baik untuk pemutaran video sekitar 2 jam, sedangkan TinyTV Mini memiliki baterai yang lebih kecil yang bertahan selama sekitar satu jam.

Dua perangkat TV kecil itu saat ini bisa dipesan melalui Kickstarter harga $49 (sekitar Rp768 ribu), atau $59 (sekitar Rp926 ribu).

Terlepas dari daya tarik kebaruannya, mereka tampaknya sangat populer di kalangan penggemar diorama yang ingin membuat kreasi mereka terlihat dan terasa lebih realistis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendaki asal Madiun Ditemukan Tak Bernyawa di Puncak Gunung Lawu

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement