Advertisement

Fitur Baru WhatsApp: Bisa Kirim Pesan ke Diri Sendiri, Ini Caranya

Arlina Laras
Selasa, 06 Desember 2022 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
Fitur Baru WhatsApp: Bisa Kirim Pesan ke Diri Sendiri, Ini Caranya Ilustrasi WhatsApp. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– WhatsApp akan menambahkan sejumlah fitur baru ke platformnya. 

Selain baru saja menambahkan jajak pendapat dalam obrolan, selanjutnya kini tengah tersiar kabar bahwa platform milik Meta tersebut mulai meluncurkan mode picture-in-picture untuk panggilan video di aplikasi berbasis iOS-nya. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Perlu dicatat bahwa, WhatsApp memang memungkinkan pengguna untuk menggunakan mode gambar-dalam-gambar di aplikasi berbasis Android dan iOS, di mana, fitur itu tersedia ketika pengguna membuka aplikasi YouTube atau Facebook. 

Namun, sekarang perusahaan tersebut nampaknya kian memperluas hak istimewa pada aplikasi lainnya untuk bisa diakses ketika pengguna melakukan panggilan video di WhatsApp. 

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengguna menjalankan kebiasaan multitasking, di mana dalam waktu bersamaan pengguna menggunakan aplikasi lain saat melakukan video call dengan teman atau anggota keluarga. 

BACA JUGA: Pendengar Podcast Spotify Tertinggi di Asia Tenggara Orang Indonesia

Konon, WhatsApp belum meluncurkan fitur ini ke semua pengguna iPhone. Sebagai gantinya, tersedia untuk penguji beta tertentu yang menggunakan versi terbaru WhatsApp beta untuk iOS, yaitu versi 22.24.0.77 dan 22.24.0.78 di iPhone mereka. 

Pengguna aplikasi beta WhatsApp dapat mencoba fitur ini dengan mengunduh aplikasi versi terbaru di iPhone mereka dan mencoba menggunakan aplikasi lain saat melakukan video call dengan teman. 

“Jika fitur tersebut tersedia untuk akun Anda, tampilan picture-in-picture akan segera muncul saat Anda melakukan banyak tugas dengan aplikasi lain. Karena menggunakan API iOS resmi, Anda juga dapat menyembunyikan sementara tampilan panggilan video jika Anda mau, ” tulis pihak WhatsApp

Bahkan, fitur ini juga memungkinkan pengguna memilih apakah ingin menonaktifkan sementara tampilan panggilan video karena melibatkan penggunaan API iOS resmi atau tifak.

Mengenai ketersediaan, WhatsApp mengatakan bahwa saat ini, fitur tersebut tersedia di iOS 16.1 ke atas. Oleh karena itu, ini mungkin salah satu fitur yang akan diaktifkan oleh pembaruan yang menambahkan dukungan resmi untuk iOS 16 . Perusahaan juga bekerja untuk mendukung perangkat yang didukung iOS 15.

WhatsApp Hadirkan Fitur Message Yourself

WhatsApp juga telah menambahkan fitur baru bernama 'Message Yourself'. Aplikasi perpesanan sekarang akan memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke diri mereka sendiri, khusus untuk pengguna iPhone iOS (versi 2.22.23.74) dan Android (versi 2.22.23.77) di WhatsApp. 

Pihak Whatsapp mengeaskan, bahwa fitur ini belum hadir dan rencananya akan diluncurkan ke setiap pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu mendatang. 

Cara menggunakan fitur WhatsApp Message Yourself:

1. Buka WhatsApp
2. Buat obrolan baru
3. Anda akan dapat melihat kontak Anda di bagian atas daftar
4. Klik nomor Anda dan ketik pesan yang diinginkan.
 
Kelebihan Pesan WhatsApp Sendiri :

Sesuai dengan fitur Message Yourself, pengguna akan dapat berbagi pesan, file multimedia, gambar, audio, dan video dari obrolan lain dengan diri mereka sendiri di dalam aplikasi. Sehingga, fitur ini membantu pengguna mengirim catatan dan membuat pengingat. 
 
Pengguna juga dapat merekam catatan suara dan mengklik foto di WhatsApp dan menyimpannya untuk Anda sendiri. Ini adalah fitur yang berguna bagi mereka yang menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi pencatat.

Karena WhatsApp juga berfungsi di desktop dan web, pengguna juga dapat melihat pesan ini di semua perangkat yang terhubung.
 
Selain fitur Message Yourself, WhatsApp juga menggarap fitur-fitur seperti foto profil di group chat, melakukan forward media dengan caption, kemampuan untuk melakukan blur gambar hingga auto-download media di desktop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Buka Opsi Penggunaan Jilbab untuk Pramugari

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement