Advertisement

Tak Perlu Dihapus, Ini Cara Hemat dan Cepat Menyimpan Foto di iPhone

Newswire
Kamis, 22 Desember 2022 - 01:47 WIB
Jumali
Tak Perlu Dihapus, Ini Cara Hemat dan Cepat Menyimpan Foto di iPhone iPhone 14 / EveryApplePro

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Semakin sering iPhone digunakan, kapasitas penyimpanan bisa semakin menipis karena banyak data atau berkas yang harus disimpan di perangkat.

BACA JUGA: Spek dan Harga iPhone 14

Advertisement

Ketika kapasitas ponsel menipis, akan sulit bagi pengguna iPhone untuk memasang aplikasi baru atau memperbarui iOS. Foto dan video seringkali menjadi sasaran untuk dihapus supaya ruang penyimpanan lebih lega.

iPhone, diberitakan Cnet pada Senin (19/12), sebenarnya memiliki dua pengaturan yang bisa dipakai supaya kapasitas penyimpanan terjaga meski banyak berkas atau data yang disimpan di ponsel. Dengan kedua cara itu, pengguna tidak perlu menghapus foto atau video untuk membebaskan kapasitas penyimpanan.

1. Optimalisasi foto dan video

Jika kesulitan memilih foto dan video untuk dihapus, atau tidak mau menghapus berkas-berkas itu, pengguna iPhone bisa memilih fitur optimalisasi foto dan video supaya kapasitas penyimpanan terasa lega tanpa menghapus foto dan video.

Caranya, pada Settings, pilih foto dan nyalakan tegel Optimize iPhone Storage. Sebelum menyalakan tegel optimalisasi, pengguna harus mengaktifkan pengaturan iCloud Photos.

Setiap kali mengambil foto dan video, berkas itu akan tersimpan di iPhone dalam resolusi penuh. Setelah menyalakan fitur optimalisasi, foto dan video resolusi penuh akan dikirim ke iCloud.

Sementara itu, perangkat menyimpan foto dan video dalam resolusi lebih rendah sehingga tidak banyak memakan kapasitas seperti berkas pada resolusi penuh.

Jika membutuhkan foto resolusi penuh, pengguna bisa mengunduh foto itu pada aplikasi Photos. Pengguna juga bisa mempertimbangkan untuk membeli kapasitas tambahan di iCloud.

2. Offload aplikasi yang jarang digunakan

Dengan memakai fitur offload, aplikasi yang jaranag digunakan tidak dihapus dari ponsel. Tapi, aplikasi itu tidak bisa digunakan meskipun masih berada di iPhone.

Kunjungi Settings lalu General untuk menemukan fitur offload aplikasi. Setelah itu, pilih iPhone Storage untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan kapasitas.

Aplikasi bawaan iPhone, misalnya kamera, tentu tidak bisa dihapus. Ketuk aplikasi yang diinginkan kemudian pilih "offload".

Ketika ingin menggunakan aplikasi yang terkena offload, pengguna bisa mengunjungi App Library kemudian mengunduh kembali aplikasi itu.

Salah satu keuntungan lain dari offload dibandingkan menghapus aplikasi adalah pengguna tidak perlu masuk (sign in) ke aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Asteroid Sebesar Minibus Lintasi Bumi, Jaraknya Lebih Dekat Ketimbang Satelit

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement