Advertisement

Pengin Jaringan Internet Cepat dan Stabil! Lakukan Hal Ini

Akhmad Ludiyanto
Rabu, 25 Januari 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Pengin Jaringan Internet Cepat dan Stabil! Lakukan Hal Ini Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Saat ini banyak pekerjaan maupun lini kehidupan butuh dukungan atau bergantung kepada internet sehingga dibutuhkan jaringan internet cepat dan stabil.

BACA JUGA: Tips Atasi Wi-Fi yang Lelet

Advertisement

Tapi ada kalanya hal itu tidak sesuai harapan. Jaringan internet terkadang menjadi lemot sehingga mengganggu aktivitas yang berkaitan dengan jagad maya tersebut.

Tapi sebelumnya, pernahkah Anda mengecek kecepatan internet yang tidak secepat di awal pemakaian? Mungkin saja ada masalah dari provider jaringan. Tetapi, tak menutup kemungkinan ada pemicu lain yang sebenarnya bisa Anda atasi sendiri.

Untuk memastikannya, kamu bisa mengikuti lima cara dari Indihome seperti dikutip Solopos.com-Jaringan Harianjogja.com, Rabu (25/1/2023)


Gunakan Browser Seefisien Mungkin

Banyak pengguna internet yang sering membuka lebih dari lima tab sekaligus. Padahal, semakin banyak tab yang dibuka, semakin lambat dan tak stabil jaringan internet kamu. Solusinya yaitu gunakanlah browser seefisien mungkin. Batasi pembukaan tab agar koneksi internet tidak terlalu berat.

Kamu juga bisa menggunakan browser yang memberikan opsi data saver atau menawarkan pengalaman menjelajah internet cepat dengan menyederhanakan data di setiap halaman web.

Blokir Iklan

Salah satu alasan mengapa jaringan internet jadi lemot adalah adanya iklan. Tidak peduli di mana kamu online, berbagai bentuk iklan pasti akan bermunculan. Mulai dari GIF, gambar, hingga video yang diputar secara otomatis.

Masalahnya, iklan-iklan itu tidak hanya mengganggu pengguna, tapi juga dapat menurunkan kecepatan internet. Agar kamu bisa internetan cepat dan stabil setiap saat, pastikan untuk memasang add-on berupa ad blocker di browser. Tujuannya untuk meminimalisasi tampilan iklan-iklan tersebut.

Hapus Cache Browser

Riwayat penjelajahan kita di internet yang biasanya dalam bentuk cookie, akan tercatat di browser yang digunakan. Tanpa disadari, riwayat tersebut malah menumpuk hingga mempengaruhi kecepatan internet.

Sebenarnya, ini mudah diatasi kok. Anda hanya tinggal menghapus cookie yang tersimpan dalam cache browser. Lakukan langkah ini secara rutin ya!

Setel Ulang Router

Penggunaan router secara terus menerus ternyata dapat mempengaruhi kecepatan dan kestabilan jaringan internet. Jika kamu merasa koneksi internet tidak secepat dulu, mungkin saatnya melakukan setel ulang pada router.

Caranya dengan mematikan router tersebut untuk beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali. Jika kamu menggunakan modem terpisah dari router, atur ulang modem untuk meningkatkan koneksi ke ISP di gadget atau PC kamu.

Pasang Antivirus

Mungkin tanpa Anda sadari ada virus atau malware yang tersembunyi di device/peralatan Anda. Akibatnya ini mempengaruhi kecepatan internet. Untuk mengantisipasinya, pastikan kamu memasang antivirus guna membersihkannya. Nantinya, antivirus tersebut juga akan memberikan proteksi tambahan pada device agar keamanannya makin optimal.

Pastikan juga kamu menjadwalkan pemindaian virus dan malware secara otomatis. Semisal tiap beberapa hari sekali, per pekan, atau per bulan yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Digadang-Gadang Cagub DKI, Ini Respons PDIP

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gua Kebon, Hidden Gems Kulonprogo yang Asri

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement