Advertisement

Indeks Literasi Digital DIY Tertinggi di Indonesia

Newswire
Kamis, 02 Februari 2023 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Indeks Literasi Digital DIY Tertinggi di Indonesia Ilustrasi penggunaan ponsel untuk berselancar di dunia digital. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Indeks Literasi Digital Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2022 tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi, Indeks Literasi Digital DIY memiliki skor 3,64. DIY juga menjadi provinsi dengan indeks tertinggi pada 2021.

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

Status literasi digital Indonesia pada 2022 mengalami kenaikan menjadi 3,54 dibandingkan dengan 2021 yang tercatat 3,49. Ini menunjukkan literasi masyarakat Indonesia berada pada kategori sedang.

“Hasil survei ini menjadi pijakan bagi kami dalam memetakan target sasaran serta pemetaan kebutuhan literasi digital masyarakat, agar Program Nasional Literasi Digital dapat dieksekusi secara efektif dan tepat sasaran,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Survei Indeks Literasi Digital dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika setiap tahun di 34 provinsi dan mencakup 514 kabupaten/kota. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 10.000 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error (MoE) survei yang dilakukan pada Agustus-September 2022 adalah 0,98% pada interval kepercayaan 95%.

Semuel mengatakan pengukuran indeks literasi digital dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat literasi digital masyarakat. Pengukuran indeks literasi digital nasional 2022 mengacu pada empat pilar literasi digital, yakni kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Dalam survei tersebut tercatat bahwa terdapat tiga pilar yang mengalami peningkatan dari 2021, yakni kecakapan digital dengan skor 3,52 (naik 0,08 poin), etika digital dengan skor 3,68 (naik 0,15 poin), dan keamanan digital dengan skor 3,84 (naik 0,02 poin).

Adapun pilar budaya digital menurun sebesar 0,06 poin menjadi 3,84. Dengan demikian, secara keseluruhan Indeks literasi digital Indonesia memiliki skor 3,54.

Semuel mengaku bersyukur dengan capaian tersebut. Namun, dia berharap ke depan indeks literasi nasional bisa menyentuh angka 4. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya, salah satunya memasifkan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) di berbagai daerah di Indonesia.

"Semoga dengan apa yang kita lakukan dengan Gerakan Nasional Literasi Digital ini bisa terus berlanjut dan mempunyai dampak bagi masyarakat," ucap Semuel.

Indeks Literasi Digital Indonesia bagian barat sedikit lebih unggul dibandingkan dengan wilayah lainnya dengan skor 3,56 sedangkan Indonesia Tengah merupakan wilayah dengan skor paling rendah, yaitu 3,48. Dalam kategori provinsi, Indeks Literasi Digital tertinggi pada 2022 kembali diraih DIY. Kalimantan Barat memiliki skor yang sama dengan DIY. Setelah itu, urutan indeks literasi digital lainnya yakni Kalimantan Timur dan Papua Barat dengan skor 3,62, serta Jawa Tengah dengan skor 3,61.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Pudjanto, mengatakan instansinya akan lebih mengintensifkan literasi terkait dengan keamanan digital ke masyarakat, seiring makin banyaknya modus kejahatan di ruang siber. "[Keamanan digital] ini salah satu yang memang harus kita intensifkan untuk 2023," ujarnya.

Boni mengatakan apabila mengacu indeks literasi digital nasional 2022, keamanan digital menjadi pilar literasi digital dengan skor paling rendah yakni 3,12. Hal itu, kata dia, menjadi pekerjaan rumah yang berat, mengingat saat ini modus kejahatan di ruang digital semakin beragam.

Dibutuhkan literasi digital yang memadai agar masyarakat bisa memiliki pengetahuan tentang keamanan digital yang baik.

 

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kilang Pertamina di Dumai Terbakar

News
| Minggu, 02 April 2023, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Wisata Air di Wilayah Terpencil Gunungkidul yang Menarik Dikunjungi

Wisata
| Sabtu, 01 April 2023, 18:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement