Advertisement

Sempat Dianggap Mobil Gaib, Esemka Muncul Lagi

Sirojul Khafid
Kamis, 23 Februari 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Sempat Dianggap Mobil Gaib, Esemka Muncul Lagi Pekerja beraktivitas saat pembangunan gedung pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (1/2). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kehadiran merek mobil buatan Indonesia, Esemka, di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 menjadi sorotan publik baru-baru ini. 

Mobil yang sempat dianggap 'gaib' oleh masyarakat ini memberikan kejutan setelah dipastikan hadir dalam ajang IIMS 2023 pada 16-26 Februari 2023. “Welcome, @esemkaindonesia will be one of our exhibitor at Hall A #IIMS2023! See You at #IIMS2023,” tulis penyelenggara IIMS 2023 di Instagram, Kamis (5/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

Produsen Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi membenarkan keikutsertaan Esemka dalam ajang IIMS tersebut. "Benar kami Esemka ikut di IIMS tahun ini sesuai pemberitaan dari Dyandra," kata Presiden Direktur Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, dikutip dari Bisnis.

BACA JUGA : Jokowi Sekarang Lagi Kepincut Mobil Listrik, Apa Kabar Mobil 

Dalam awal kemunculannya, mobil buatan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) ini menuai pro kontra. Terlebih kala itu, mobil yang dibangga-banggakan Presiden Joko Widodo saat menjadi Wali Kota Solo muncul di tengah panasnya kondisi politik Indonesia. Bagi satu kubu, Esemka adalah pembuktian, tetapi di kubu lain, karya anak bangsa ini jadi cibiran.

Sejarah

Embrio mobil Esemka terlahir dari program teaching factory yang digagas Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2007. Lima sekolah menengah kejuruan (SMK) di Malang dan Surakarta terpilih untuk mengembangkan prototipe mobil karya anak bangsa.

Sempat terhenti pada 2010, Esemka kembali menyedot perhatian publik pada 2012, ketika Joko Widodo, yang menjabat Wali Kota Solo kala itu, menjadikan Esemka sebagai mobil dinasnya. Namun, setelah itu kabar Esemka sepi.

Pada 2015, tim Esemka kabarnya dipanggil ke Istana, dan setahun berikutnya masuk investor PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL). Kemudian, pada 2018, Kepala Badan Intelijen Negara sekaligus Bos dari PT ACL Abdullah Mahmud Hendropriyono mengaku telah angkat kaki dari PT Solo Manufaktur Kreasi.

Setelahnya, PT Solo Manufaktur Kreasi dengan menggandeng Guangdong Foday Automobile dan pabrikan China lain terus melanjutkan kiprah Esemka di Tanah Air.

Dibanggakan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat membanggakan mobil buatan bangsa ini. Pada penghujung 2019, dalam peresmian pabrik Esemka, Jokowi meyakini bahwa produk mobil buatan lokal ini dapat memberikan memberikan multiplier effect besar kepada perekonomian nasional.

Presiden mengatakan produksi mobil Esemka banyak melibatkan usaha kecil dan menengah sebagai bagian dari rantai pemasok komponen. Dia menilai mobil Esemka yang merupakan sebuah brand dan prinsipal Indonesia harus didukung dan layak dimiliki masyarakat.

“Saya sudah coba dan saya lihat kualitas produk ini bagus. Saya tidak mau memaksa Anda untuk beli. Tapi kalau lihat produknya yang bagus, kita wajib beli. Kalau tidak mau beli ya kebangetan. Kebangetan kalau maunya beli merek impor," kata Jokowi pada September 2019. 

BACA JUGA : Berminat Beli? Ini Spesifikasi Mobil Esemka yang Diluncurkan

Presiden mengapresiasi upaya PT SMK untuk mewujudkan mobil buatan lokal, meskipun diakuinya tidak mudah dalam berkompetisi di pasar. Namun, asalkan masyarakat menggunakan dan mengakui produk Esemka maka mobil ini akan laku di pasaran otomotif.

Mobil Listrik

Meski sudah mengonfirmasi kehadirannya di IIMS 2023, belum ada detail produk yang akan PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka pamerkan di sana. Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, belum bisa memastikan kabar yang beredar apabila Esemka akan masuk ke dunia mobil listrik.

"Untuk pertanyaan lain nanti akan kami jawab bersama saat pameran nanti," katanya.

Sebelumnya, berembus kabar PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka akan bermain di segmen mobil listrik untuk pasar Indonesia. Bahkan, foto-foto yang diduga sebagai mobil listrik Esemka beredar luas di grup WhatsApp sejak beberapa hari lalu.

Setidaknya ada lima foto yang beredar, terdiri dari Esemka Neta U dan Esemka Neta V. Adapun mobil listrik tersebut merupakan keluaran Hozon Auto dengan tulisan Esemka. Hozon Auto sendiri merupakan pabrikan asal China yang berdiri pada 2014 dan mulai mengenalkan mobil listrik konsepnya pada 2017. Model pertama diproduksi satu tahun kemudian yakni Neta N01.

Namun, kehadiran Neta N01 tak berlangsung lama. Pasalnya, pada 2019, Hozon akhirnya mengeluarkan model baru yang menyerupai sport utility vehicle (SUV), yakni Neta U dan kemudian Neta V dan menghentikan produksi Neta N01 pada 2020.

Sementara itu, PT Dyandra Promosindo juga memastikan Esemka akan ikut IIMS tahun ini. Nama Esemka masuk di antara brand-brand populer seperti Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Hyundau, Honda, Subaru, Wuling, dan lainnya. Esemka akan menempati Hall A Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kilang Pertamina di Dumai Terbakar

News
| Minggu, 02 April 2023, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Wisata Air di Wilayah Terpencil Gunungkidul yang Menarik Dikunjungi

Wisata
| Sabtu, 01 April 2023, 18:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement