Advertisement

Di Negara Ini, Ada Lengan Robot yang Bisa Isi Bensin Mobil Secara Otomatis

Lajeng Padmaratri
Senin, 27 Februari 2023 - 22:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Di Negara Ini, Ada Lengan Robot yang Bisa Isi Bensin Mobil Secara Otomatis Autofuel mengembangkan lengan robot yang mampu mengisi bahan bakar berbagai kendaraan di SPBU tanpa bantuan manusia. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, HELSINKI—Startup Denmark Autofuel baru-baru ini mengembangkan lengan robot yang mampu mengisi bahan bakar berbagai kendaraan di SPBU tanpa bantuan manusia.

SPBU Neste di Finlandia saat ini adalah satu-satunya tempat di dunia di mana Anda dapat mengisi bahan bakar mobil Anda dengan robot. Ini adalah proyek percontohan yang dipilih oleh Autofuel untuk menguji sistem pengisian bahan bakar futuristiknya.

Advertisement

Mereka mengembangkan lengan robotik yang dapat menemukan pintu tangki bahan bakar mobil, memilih jenis bahan bakar yang tepat, dan mengoperasikan pompa tanpa bantuan manusia. Lengan robot Autofuel generasi ketiga telah diuji selama lebih dari setahun, dan perusahaan Denmark berencana untuk memulai pengujian publik akhir tahun ini. Meskipun mungkin perlu beberapa saat sebelum robot pengisian bahan bakar menjadi arus utama, Autofuel yakin inovasi mereka akan menjadi sangat berharga ketika kendaraan yang benar-benar otonom akhirnya diluncurkan.

Autofuel pertama kali mulai mengerjakan solusi pengisian bahan bakar mobil robot pada tahun 2018. Ide utama dari proyek ini adalah untuk mengurangi potensi paparan bahan kimia berbahaya dan komponen bahan bakar di stasiun untuk karyawan dan pelanggan. Rupanya ada manfaat lain dari memiliki robot, yaitu kenyamanan dan kemudahan, serta keamanan di area di mana orang mungkin merasa enggan untuk meninggalkan kendaraannya. Selain itu, ada manfaat robot bagi penyandang disabilitas yang tidak bisa mengisi bahan bakar kendaraannya sendiri.

“Teknologi kami bertujuan untuk menyediakan pelanggan dengan kenyamanan dan keamanan maksimal di SPBU,” kata Jonas Thor Olsen, CEO Autofuel dikutip dari Oddity Central.

“Pengisian bahan bakar manual menuntut perhatian pengemudi atau keterlibatan langsung setidaknya selama mobil diisi bahan bakar. Sistem Autofuel tidak memerlukan keterlibatan manusia. Ini memungkinkan mereka pergi ke toko untuk minum kopi atau istirahat sejenak saat mobil diisi bahan bakar.”

Inovasi Autofuel terdiri dari lengan robotik modular yang ditempatkan di dalam pompa bahan bakar, dan serangkaian sensor serta kamera yang dirancang untuk menjaga segala sesuatunya berjalan lancar. Kamera mendeteksi nomor registrasi kendaraan sehingga sistem dapat mendeteksi jenis bahan bakar apa yang dibutuhkan. Kamera lain mengarahkan mobil untuk berhenti di area tertentu agar lengan dapat dengan mudah menjangkau pintu tangki bahan bakar. Lengan itu sendiri kemudian mulai bergerak, membuka pintu, memilih nosel bahan bakar yang tepat, dan terakhir mengisi bahan bakar mobil.

Semuanya tampak hebat dalam video promosi, tetapi setelah salah satunya baru-baru ini menjadi viral di Reddit, orang-orang mengemukakan beberapa kekhawatiran yang valid. Pertama-tama, agar seluruh proses berfungsi, seseorang harus mendaftarkan kendaraannya ke Autofuel. Ini pada dasarnya adalah satu-satunya cara bagi sistem untuk mengenali jenis mobil, bahan bakar yang tepat, dan opsi pembayaran. Rupanya itu termasuk informasi yang tidak ingin dibagikan banyak orang untuk sesuatu yang sepele seperti pengisian bahan bakar.

Lalu ada masalah tutup tangki bahan bakar. Sistem tanpa tutup relatif mudah ditangani oleh lengan robot, tetapi bagaimana cara menangani berbagai tutup bahan bakar yang masih digunakan oleh banyak produsen mobil. Diduga kuat, Autofuel mengandalkan fakta bahwa mobil masa depan tidak lagi memerlukan tutup tangki bahan bakar. Perusahaan telah menyatakan bahwa lengan robotnya dapat dengan mudah disesuaikan dengan pengisi bahan bakar listrik dan hidrogen.

Kecepatan pengoperasian lengan robot juga membuat banyak orang khawatir, karena tampaknya bergerak jauh lebih lambat daripada manusia. Meski demikian, Autofuel telah mengklarifikasi bahwa meskipun dapat membuatnya bergerak lebih cepat, peraturan saat ini mencegahnya untuk alasan keselamatan. Robot harus bergerak dengan kecepatan yang aman, dan juga fitur yang menyebabkannya berhenti total jika seseorang terlalu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement