Advertisement

Peristiwa 7 Maret, Telepon Pertama Kali Dipatenkan Alexander Graham Bell

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 07 Maret 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Peristiwa 7 Maret, Telepon Pertama Kali Dipatenkan Alexander Graham Bell Alexander Graham Bell - history

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tanggal 7 Maret 1876, merupakan sejarah di mana Alexander Graham Bell diberikan paten untuk penemuannya yang dia sebut telepon.

Hari Alexander Graham Bell dirayakan pada tanggal 7 Maret setiap tahun. Pada hari inilah Bell diberi hak paten untuk “mentransmisikan vokal atau suara lain secara telegrafis,”

Advertisement

Dan pada 10 Maret, jadi hari dimana panggilan telepon pertama dilakukan antara Bell dan asistennya Thomas Watson. Orang di seluruh dunia merayakan 7 Maret sebagai hari inovasi dan penemuan. Bahkan, hari itu diakui sebagai hari libur nasional di Nova Scotia, Kanada.

BACA JUGA : Mengingat Sejarah 10 Juli, Satelit Komunikasi Pertama

Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan dan penemu yang terkenal karena menemukan telepon. Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847, dan sepanjang hidupnya, dia didorong oleh ibunya yang sebagian tuli untuk melanjutkan studi ilmiah.

Ayah Bell adalah seorang tokoh berpengaruh yang mengajar siswa tunarungu dan memupuk komunikasi dalam komunitas tunarungu, sesuatu yang Bell sendiri kuasai sejak usia sangat muda.

Bell terus bekerja dengan komunitas tunarungu sepanjang hidupnya dan akhirnya menikahi seorang wanita tunarungu seperti yang dilakukan ayahnya. Ibunya, Eliza Grace Symonds, dan istrinya, Mabel Gardiner Hubbard, keduanya kehilangan pendengaran karena penyakit masa kecil.

Tekad Bell untuk membantu orang tuli itulah yang menginspirasi sebagian besar penemuannya, termasuk telepon. Dia sedang mengerjakan perbaikan pada sistem telegraf ketika dia mendapat ide untuk mencoba mentransmisikan ucapan secara telegraf, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

BACA JUGA : BPS Kini Deteksi Jumlah Kunjungan Wisatawan lewat Ponsel 

Itulah yang menyebabkan telepon. Telepon telah menjadi bagian penting dari masyarakat kita saat ini, dan banyak inovasi dalam komunikasi telah dilakukan sejak saat itu.

Selain telepon, Bell juga menemukan detektor logam dan mengembangkan Hydrodome, sebuah perahu yang mencetak rekor kecepatan laut dunia pada tahun 1919. Dia adalah presiden terpilih kedua dari National Geographic Society.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekjen PDIP Berterima Kasih kepada Rakyat karena Kembali Menangi Pileg 2024

News
| Senin, 22 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement