Advertisement

Jangan Terlena, Begini Tips Bijak Gunakan Paylater di Tengah Gempuran Diskon Ramadan

Media Digital
Kamis, 23 Maret 2023 - 16:57 WIB
Jumali
Jangan Terlena, Begini Tips Bijak Gunakan Paylater di Tengah Gempuran Diskon Ramadan Paylater - Ist

Advertisement

Berkat kemajuan teknologi, saat ini masyarakat dimanjakan dengan sebuah metode pembayaran bernama paylater. Bukan tanpa alasan, paylater menjadi primadona bagi tidak sedikit penikmat belanja karena kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan layanannya dalam memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Dengan cara kerja mirip kartu kredit, paylater juga dapat diajukan dengan proses yang begitu ringkas, tanpa ada persyaratan yang menyulitkan dan membuat rumit.

Meski begitu, ibarat pisau bermata dua, penggunaan layanan keuangan berbasis digital ini bisa menjadi sumber petaka jika tidak hati-hati. Khususnya di momen Ramadan, di mana ada banyak promo diskon yang begitu menggiurkan. Kalau tidak bijak dalam menahan hasrat belanja, bukan tidak mungkin pengeluaran akan membengkak dan beban cicilan paylater melambung tinggi.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Anda tentu perlu mencari tahu bagaimana cara yang tepat menggunakan fitur paylater ini agar tahan melihat banyaknya gempuran diskon Ramadan. Nah, agar tak salah kaprah dalam menggunakan layanan paylater, simak 4 tipsnya berikut ini.Pahami Kondisi Keuangan

Tips pertama agar tak kelabakan berbelanja menggunakan paylater adalah memahami kondisi keuangan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya paylater merupakan alat pembayaran selayaknya kartu kredit. Artinya, segala transaksi yang diselesaikan dengan metode tersebut tetap menjadi tanggungan finansial pengguna dan harus dilunasi sesuai waktu yang telah ditentukan.

Jika sampai menggunakan fitur paylater melebihi kemampuan bayar, sudah pasti beban keuangan akan menjadi terlalu berat. Risikonya, cicilan paylater rentan tertunggak dan terbebani dengan denda keterlambatan. Alhasil, kondisi keuangan menjadi kian berantakan dan bisa-bisa Anda malah terlilit utang paylater.

Idealnya, usahakan untuk membatasi agar beban keuangan dari segala cicilan utang, termasuk paylater, di bawah 30 persen gaji bulanan. Artinya, dengan gaji 10 juta, jangan menambah utang atau beban kredit jika jumlah cicilan per bulan sudah mencapai nominal 3 juta. Memaksakan cicilan melebihi rasio tersebut berisiko membuat beban keuangan terlalu berat hingga tak mampu memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting.

Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Tips bijak lainnya dalam menggunakan fitur paylater adalah dengan menetapkan orientasi ketika berbelanja sesuai skala prioritas kebutuhan. Sebagai contoh, sebelum memutuskan untuk membeli pakaian, sepatu, atau barang lain yang sifatnya tidak mendesak, pastikan dulu kebutuhan pokok seperti tagihan bulanan, makanan sehari-hari, dan lain sebagainya telah terpenuhi.

Di samping itu, siapkan juga pos keuangan khusus untuk menyiasati risiko munculnya pengeluaran mendesak dan tidak terduga. Misalnya, ada kalanya Anda dihadapkan pada situasi ban motor pecah sehingga harus segera diganti agar aktivitas harian tidak terganggu. Jika tidak ada dana darurat untuk mengatasi hal tersebut, sudah pasti masalah lain yang lebih runyam bisa saja terjadi.

Terlebih di tengah banyaknya iming-iming diskon Ramadan, kebutuhan pokok dan lebih penting seperti ini terkadang sama sekali tak terpikirkan dalam benak seseorang. Untuk itu, sebelum berburu promo Ramadan, cek dulu barang atau kebutuhan apa saja yang seharusnya dipenuhi saat ini agar kondisi keuangan tetap aman.

Pilih Penyedia Paylater dengan Bunga Rendah

Seiring dengan banyaknya jumlah peminat dari metode pembayaran ini, penyedia layanan paylater atau fintech di Indonesia juga bisa dibilang cukup menjamur. Tentunya, setiap fintech mempunyai keunggulan dan daya tariknya sendiri dalam memikat calon nasabah agar bersedia menggunakan layanannya.

Agar mampu menghemat pengeluaran dan penggunaan layanan ini, usahakan untuk memilih penyedia paylater yang menawarkan tarif bunga rendah. Dengan begitu, keuntungan penggunaan layanan ini akan menjadi lebih maksimal dan membuat Anda lebih leluasa dalam berbelanja.

Yang terpenting, pastikan penyedia paylater telah terdaftar dan mengantongi izin usaha dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan Anda dari ancaman layanan ilegal yang menjebak dan merugikan.

Optimal Manfaatkan Segala Promo yang Ada

Tips yang terakhir, manfaatkan segala promo yang disediakan oleh fitur paylater dengan optimal. Perlu dipahami jika selain menjadikan aktivitas berbelanja lebih asyik karena tagihannya bisa dibayar belakangan, paylater juga sering kali menawarkan promo menarik pada penggunanya, terlebih di bulan Ramadan.

Tidak hanya itu, beberapa layanan paylater juga kerap menawarkan promo cicilan nol persen dengan tenor terbatas. Jadi, cari tahu dulu segala promo atau penawaran yang tersedia, lalu pilih yang dirasa paling menguntungkan.

Jangan Sampai Penggunaan Paylater Malah Menjadi Bumerang Bagi Keuangan Anda

Itulah 4 tips yang dapat diaplikasikan untuk mengoptimalkan penggunaan fitur paylater. Intinya, cari tahu dulu kemampuan bayar dan pastikan seluruh kebutuhan pokok telah terpenuhi. Selain itu, pilih penyedia fitur paylater yang terpercaya dan berbunga rendah, serta menawarkan banyak promo yang mampu menjadikan aktivitas belanja jauh lebih hemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement