Advertisement

Masa Depan Suram, Dua Perusahaan Penambangan Kripto Banting Setir ke AI

Jumali
Sabtu, 13 Mei 2023 - 12:37 WIB
Jumali
Masa Depan Suram, Dua Perusahaan Penambangan Kripto Banting Setir ke AI Seorang warga mengecek pergerakan mata uang kripto melalui ponselnya, Kamis (13/1/2022). - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meredupnya masa depan kripto telah membuat dua perusahaan penambang kripto, Hut 8 dan Hive Blockchain banting setir ke pengolahan data kecerdasan buatan (AI).

BACA JUGA: Perusahaan asal Jogja Hadirkan Kecerdasan Buatan

Advertisement

Meski banting setir, Hut 8 dan Hive Blockchain diyakini tidak banyak mengalami kerugian. Sebab, baik penambangan dan pengolahan data AI sama-sama menggunakan chip grafis atau GPU.

Techspot, Sabtu (13/5/2023) mengungkapkan, bisnis HPC Hut 8 pada 2022 lalu menghasilkan sekitar USD 16,9 juta, atau sekitar 11% dari total pemasukannya. Sementara itu Hive menargetkan pertumbuhan pemasukan dari sektor HPC, dari yang sebelumnya USD 1 juta menjadi USD 10 juta pada 2024 dan USD 20 juta pada 2025.

Pemasukan ini akan berguna untuk menyelamatkan investasi mereka untuk pembelian GPU sebesar USD 66 juta pada 2021. Meski demikian, tak semua penambang kripto bisa bergantung pada AI untuk menyelamatkan bisnisnya. Sebabnya hanya sekitar 15% kartu grafis penambang kripto yang bisa diubah untuk HPC. Selain itu, pengolahan data AI membutuhkan penambahan dari sisi hardware serta pegawai yang jumlahnya tak sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement