Advertisement

5 Aksesori Mobil & Motor yang Lagi Tren, Mau?

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 10 Juni 2023 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
5 Aksesori Mobil & Motor yang Lagi Tren, Mau? Ilustrasi aksesori kendaraan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hidup di era teknologi seperti saat ini, memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat, salah satunya yakni dalam berkendara.

Termasuk dengan semakin berkembangnya aksesoris di bidang otomotif, seperti alat canggih dash cam mobil hingga intercom helm untuk pemotor agar memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Aksesori yang Perlu Ada dalam Mobil

Melihat aksesoris otomotif yang semakin canggih terus bermunculan. Ada 5 pilihan aksesoris otomotif canggih yang dapat mendukung berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

1. Dash Cam Mobil

Dashboard camera atau kamera dasbor (sering disingkat dash cam) mobil adalah kamera kecil yang dipasang pada spion tengah mobil. Dash cam berfungsi sebagai aksesoris mobil untuk merekam selama berkendara. Sehingga jika terjadi sesuatu seperti kecelakaan hingga pencurian, hasil rekaman dapat menjadi alat bukti yang diharapkan bisa mempermudah klaim asuransi mobil.

Bahkan, beberapa dash cam canggih telah terpasang fitur GPS yang memudahkan pemilik kendaraan mengetahui posisi mobil ketika dalam kondisi terparkir atau dicuri.

2. Intercom Helm untuk Pengendara Motor

Untuk menghindari miskomunikasi saat berbicara di atas motor, penggunaan intercom sebagai alat komunikasi tambahan di helm sangat dianjurkan untuk dimiliki. Alat ini dapat mendukung untuk berkomunikasi antar pemotor lainnya ketika touring, atau berbicara dengan penumpang di belakang tanpa perlu berteriak.

Bahkan, sudah banyak intercom helm yang telah memiliki fitur Advanced Noise Control, sehingga dapat mengurangi suara angin dan suara gangguan di sekitar.

“Tingginya kesadaran masyarakat untuk mendukung kenyamanan berkendara, khususnya sepeda motor, dibuktikan dengan adanya peningkatan transaksi produk intercom helm di Tokopedia yang meningkat hampir 30% pada periode kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” kata AVP of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra, Sabtu (10/6/2023).

3. Air Purifier Mini

Sejak pandemi melanda dan kualitas udara yang belakangan ini memburuk, air purifier menjadi salah satu produk yang direkomendasikan untuk dimiliki tak hanya di dalam rumah, namun juga di dalam mobil. Tujuannya adalah agar udara di dalam mobil tetap bersih, sehingga terhindar dari bakteri, virus, hingga polusi. Selain itu, penggunaan air purifier ini dapat menghilangkan bau serta menjaga kelembapan udara.

4. Car Charger Inverter

Car charger inverter berfungsi sebagai pemenuh keperluan listrik ini wajib dimiliki pengendara mobil. Pemakaian komponen ini bisa jadi solusi untuk mengisi ulang daya ponsel sehingga pengendara dapat mengakses aplikasi navigasi hingga selamat sampai tujuan. Bahkan untuk mempersiapkan rapat daring yang mendadak, pengendara dapat mengisi daya baterai laptop dengan mudah.

5. Pompa Ban Mobil Elektrik

Perangkat ini juga wajib dimiliki oleh pengendara, terutama yang memiliki mobilitas tinggi, misalnya sering melakukan perjalanan dinas ke luar kota melalui jalur darat. Jika ban mobil mendadak kempes saat di perjalanan, pompa ban mobil elektrik portable menjadi 'pertolongan pertama' hingga menemukan bengkel terdekat.

"Dari pertumbuhan transaksi kategori otomotif ini, kami melihat adanya antusiasme masyarakat terhadap aksesoris mobil dan motor canggih. Karena itu, kami akan terus menghadirkan beragam program dan inisiatif demi mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Tak terkecuali dalam perkembangan pelaku UMKM di bidang otomotif agar mendapatkan kesempatan yang sama untuk semakin maju," ujar Leo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement