Advertisement

6 Dampak Positif Keamanan Siber bagi Pertumbuhan Ekonomi Digital Menurut Pakar

Abdul Hamied Razak
Selasa, 05 September 2023 - 06:37 WIB
Abdul Hamied Razak
6 Dampak Positif Keamanan Siber bagi Pertumbuhan Ekonomi Digital Menurut Pakar Ilustrasi keamanan siber.dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gelombang transformasi digital berkembang pesat dan mengubah wajah ekonomi global. Transformasi digital yang terjadi juga menuntut peningkatan keamanan siber.

Seto Wijaya, CEO Fourtrezz, perusahaan keamanan siber asal Jogja, mengangkat isu tentang pentingnya keamanan siber sebagai pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Advertisement

Ia menyoroti betapa krusialnya keamanan siber untuk mendukung potensi pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat melalui sektor digital.
Menurutnya keamanan siber penting untuk memastikan bahwa fondasi ekonomi digital di Indonesia kokoh dan terjamin dari berbagai ancaman siber.

"Ekonomi digital telah menunjukkan potensi luar biasa di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, risiko keamanan siber juga semakin meningkat," katanya, melalui keterangan persnya, Selasa (5/9/2023).

Seto merujuk hasil studi yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company pada tahun 2022, di mana ekonomi digital Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Nilainya mencapai USD 77 miliar pada tahun 2022. Angka ini diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai USD 146 miliar pada tahun 2025.

BACA JUGA: Ini yang Perlu Dilakukan untuk Menangkal Serangan Siber

Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat ini membuka peluang besar bagi bisnis dan masyarakat Indonesia, namun juga meningkatkan risiko keamanan siber. "Keamanan siber harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan dan negara," tambah Seto.

Selain memberikan perlindungan terhadap ancaman siber, lanjut Seto, pertumbuhan ekonomi digital yang aman juga berdampak positif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.

1. Peningkatan Inovasi Teknologi

Keamanan siber yang kokoh mendorong para pelaku usaha di dunia digital untuk berinovasi dan menciptakan teknologi baru. Ketika mereka merasa yakin bahwa data dan informasi mereka aman, mereka akan lebih percaya diri dalam mengembangkan solusi-solusi canggih yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat.

2. Pengembangan Start-up dan UMKM

Keamanan siber yang terjamin dapat membuka pintu bagi perkembangan start-up dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan kepercayaan yang tinggi dari para konsumen terhadap keamanan transaksi dan data mereka, pelaku usaha kecil dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis mereka.

3. Peningkatan E-Commerce

Ekonomi digital yang aman mendorong pertumbuhan sektor e-commerce. Konsumen yang merasa nyaman dalam berbelanja secara online akan meningkatkan aktivitas transaksi, sehingga pelaku usaha e-commerce akan merasakan dampak positif dengan peningkatan penjualan dan pemasaran produk mereka.

4. Efisiensi Sistem Pemerintahan

Implementasi keamanan siber yang kuat dalam sistem pemerintahan dapat membantu mengurangi risiko kebocoran data dan penyalahgunaan informasi. Dengan begitu, sistem pemerintahan dapat berjalan lebih efisien dan transparan dalam menyediakan layanan publik bagi masyarakat.

5. Perkembangan Dunia Pendidikan

Ekosistem ekonomi digital yang aman membuka peluang bagi perkembangan dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran online, platform e-learning, dan kolaborasi antar lembaga pendidikan menjadi lebih lancar dan terjamin keamanannya. Hal ini memberikan akses yang lebih luas bagi para pelajar dan mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan tanpa batas geografis.

6. Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan

Keamanan siber yang terjamin dalam sistem pelayanan kesehatan membawa dampak positif pada kualitas layanan dan pengelolaan data medis. Hal ini memungkinkan berbagai pihak, termasuk pasien dan tenaga medis, untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efisien, sehingga perawatan kesehatan menjadi lebih optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement