Advertisement

Ada Layanan Sewa Mobil Listrik Tanpa Sopir, Begini Cara Kerjanya

Lajeng Padmaratri
Kamis, 07 September 2023 - 20:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Ada Layanan Sewa Mobil Listrik Tanpa Sopir, Begini Cara Kerjanya Perusahaan asal Inggris, Imperium Drive menawarkan layanan sewa mobil listrik tanpa sopir. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON—Bagaimana jadinya jika ada persewaan mobil listrik tanpa sopir? Rupanya, layanan persewaan itu diluncurkan di Inggris baru-baru ini.

Perusahaan Imperium Drive menawarkan layanan persewaan mobil tanpa sopir di Inggris. Melansir BBC, layanan itu telah diuji di Kota Milton Keynes selama 18 bulan dan sejak Juni lalu tersedia untuk pelanggan.

Advertisement

Dengan layanan ini, pelanggan dapat menyewa mobil listrik melalui sebuah aplikasi Fetch. Setelah dipesan, kendaraan tersebut akan diantar oleh operator jarak jauh ke lokasi mana pun dalam radius 6,4 km dari pusat kota Milton Keynes. Ketika masa sewa berakhir, operator kembali mengendalikan dan membawa kendaraan kembali ke pangkalan.

BACA JUGA: Unik, Kendaraan Mode Ganda di Jepang Bisa Jadi Bus Sekaligus Kereta Api

Hal ini bisa terjadi karena Imperium Drive mempekerjakan sopir jarak jauh. Perusahaan itu mengklaim bahwa layanan itu merupakan yang pertama di Eropa. 

Untuk saat ini, semua mobil dilengkapi dengan pengemudi keselamatan di bagian depan kendaraan yang dapat mengambil alih kendali jika diperlukan. "Ini tidak memiliki pengemudi, tetapi belum otonom,” kata Kepala Eksekutif Koosha Kaveh.

Operator mobil jarak jauh memiliki pandangan jalan 360 derajat menggunakan kamera yang terpasang di dalam kendaraan, serta sistem keselamatan anti-tabrakan di perangkat lunak pengoperasian.

"Memang masih ada manusia yang terlibat, tapi mereka duduk di pusat kendali dan mengemudikan kendaraan dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan drone,” kata Kaveh.

BACA JUGA: Tak Perlu Lewat Calo, Ini Cara Balik Nama Mobil

Mobil-mobil tersebut telah diuji di jalan-jalan kota selama 18 bulan terakhir, menyelesaikan lebih dari 1.000 mil (1.609 km) perjalanan tanpa satu tabrakan pun.

“Ketika sepenuhnya otonom, kami pikir sistem ini berpotensi menggantikan kepemilikan mobil pribadi di Inggris.”

Sistem mobil Fetch mendapat dukungan dari pemerintah dan Dewan Kota Milton Keynes, yang memandang sistem persewaan seperti ini sebagai cara untuk mengurangi jumlah mobil di jalan.

“Mobil tanpa pengemudi hanyalah salah satu solusi yang kami cari bersama dengan angkutan lebih besar yang menggunakan teknologi serupa. Idenya adalah untuk membuat transportasi yang dapat digunakan bersama menjadi lebih menarik,” kata pihak berwenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BBC

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement