Advertisement

Tim Gamaforce Diluncurkan, Bidik Target Juara Umum KRTI 2023

Media Digital
Selasa, 19 September 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Tim Gamaforce Diluncurkan, Bidik Target Juara Umum KRTI 2023 Tim Gamaforce periode 2023 diluncurkan di Balairung UGM pada Selasa (19/9/2023). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai diperkenalkan pekan ini bersama sejumlah pesawat tanpa awak mutakhir ciptaannya. Sudah enam kali jadi juara umum di ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), tim Gamaforce UGM tahun ini membidik juara KTRI untuk yang ketujuh kalinya. 

Manajer Eksternal Gamaforce UGM, Zulfa Majidah menjelaskan Gamaforce merupakan tim robot terbang UGM yang bergerak di bidang riset dan pengembangan pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Tim Gamaforce tahun ini akan kembali berlaga KRTI yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Advertisement

"Acara ini merupakan peluncuran dan pelepasan Gamaforce 2023. Setelah mengikuti seleksi wilayah regional dua kemarin, Gamaforce lolos semua di KRTI. Jadi kita mengirimkan sembilan wahana ke Lampung," kata Zulfa, Selasa (19/9/2023).  

Pada hari ini, Tim Gamaforce periode 2023 diluncurkan di Balairung UGM. Tim dan subtim Gamaforce periode 2023 dikenalkan.

BACA JUGA: KONTES ROBOT : Gamaforce UGM Sabet Gelar Juara Umum Kontes Robot Terbang Indonesia

Dalam rangkaian acara ini, berbagai wahana ciptaan Gamaforce turut ditampilkan. "Wahana yang dimaksud adalah UAV atau pesawat tanpa awak," jelasnya.

"Kami menggelar doa bersama dan pelepasan wahananya. Karena selama ini wahana masih disembunyikan," tuturnya.   

Total ada sembilan pesawat tanpa awak Gamaforce akan diboyong ke KRTI.

Ajang KRTI bukan sesuatu yang baru bagi Gamaforce. Tim Gamaforce pernah keluar sebagai juara umum KRTI enam kali. Di antaranya lima kaki beruntun yakni pada 2015, 2016, 2017, 2018, 2019. Gamaforce lalu kembali juara pada 2021. "Kami sudah juara umum enam kali di KRTI," tegasnya. 

Nantinya 90 anggota Gamaforce berangkat ke Lampung untuk berlaga di KRTI. Empat sub-tim Gamaforce yang akan berlaga yakni Rasayana, Fiachra Aeromaper, Gadjah Mada Fighting Copter dan Khageswara.  "Harapannya kami bisa mempertahankan predikat juara umum KRTI tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya. 

Tidak hanya itu, lebih jauh, Gamaforce ingin karya-karya pesawat tanpa awak yang diciptakan dapat bermanfaat. Bukan hanya bermanfaat pada tataran riset tapi juga bisa dinikmati masyarakat secara luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement