Advertisement

Begini Tantangan dan Ancaman Keamanan yang Dihadapi Perusahaan Dalam Pemanfaatan Big Data

Abdul Hamied Razak
Kamis, 21 September 2023 - 06:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Begini Tantangan dan Ancaman Keamanan yang Dihadapi Perusahaan Dalam Pemanfaatan Big Data Digital ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam beberapa tahun terakhir, big data analytics telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis. Data yang kompleks ini menjadi aset berharga bagi perusahaan dalam berbagai industri.

International Data Corporation (IDC) dalam laporan Worldwide Semiannual Big Data and Analytics Software Tracker, mencatat bahwa pasar perangkat lunak Analitik Data Besar di Indonesia tumbuh sebesar 14,7% dalam periode paruh pertama tahun 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini melebihi angka 12,5% yang tercatat pada paruh kedua tahun 2021.

Advertisement

Big data memiliki manfaat di berbagai bidang, mulai dari bidang kesehatan hingga pendidikan di mana big data mampu membantu perusahaan untuk mengoperasikan sistem dengan baik dan benar.

BACA JUGA: Pemkab Bantul Rancang Big Data Kemiskinan

Namun, pemanfaatan big data tidak selamanya berjalan lancar. Terdapat tantangan dan ancaman big data dalam perusahaan di masa depan yang wajib diwaspadai, salah satunya keamanan data.

Lalu, bagaimana perusahaan melindungi big data untuk mengoptimalkan operasi mereka dan mendapatkan keunggulan bersaing mereka?

Rizky, Lead Penetration Tester Widya Security, mengungkapkan bahwa salah satu alasan kuat sebuah perusahaan mengalami risiko keamanan data berasal dari ketidakmampuan perusahaan dalam melindungi data mereka.

Sebab, katanya, data yang disimpan oleh perusahaan berpotensi mengalami kerusakan bahkan kebocoran data yang menyebabkan kerugian perusahaan. Hal tersebut menjadi tanggung jawab perusahaan dalam mempertahankan integritas data memerlukan manajemen data yang tepat agar data dapat terjaga.

“Seharusnya keamanan dalam big data menjadi tanggung jawab seluruh pihak perusahaan, bukan siapa yang harus melindungi dan siapa yang tidak perlu melakukannya,” katanya, Kamis (21/9/2023).

Selain itu, privasi data menjadi salah satu ancaman perusahaan dalam mengumpulkan dan menganalisis data dengan skala yang besar dan melibatkan penggunaan informasi pribadi. Apabila big data ternyata berpotensi diakses tanpa izin, hal tersebut merupakan tindakan tidak etis yang dapat merugikan orang lain.

"Melihat ancaman tersebut, perusahaan harus memastikan bahwa seluruh pegawai diwajibkan patuh terhadap peraturan perusahaan untuk menjaga privasi data-data pelanggan," ujarnya.

BACA JUGA: Cegah Klitih Jogja Bisa dengan Big Data, Polisi Tak Perlu Patroli Tiap Malam

Melihat tantangan dan ancaman yang datang dalam keamanan pemanfaatan big data, diperlukan upaya untuk mencegah ancaman tersebut. Apa saja upaya - upaya dalam menghadapi ancaman keamanan pada big data?

Menurut Rizky, perusahaan harus mengambil langkah-langkah guna menjamin perlindungan, kerahasiaan, dan ketepatan data. Langkah-langkah ini mencakup penggunaan teknologi yang sesuai dengan keamanan dan privasi, menjaga tingkat kualitas data, serta mematuhi peraturan dan undang-undang yang berlaku.

“Salah satu cara terbaik meningkatkan keamanan data perusahaan yaitu dengan memilih layanan pentest pihak ketiga yang sudah bersertifikasi dan kredibilitas tinggi,” ungkapnya.

Langkah lainnya untuk meningkatkan keamanan big data pada perusahaan yaitu dengan meningkatkan wawasan serta kesadaran setiap karyawan perusahaan agar memahami pentingnya melindungi big data perusahaan di era transformasi digital yang sudah semakin kompleks.

Widya Security akan menggelar kegiatan webinar yang akan diadakan pada tanggal 27 September 2023 dengan tema "Keamanan Dalam Pemanfaatan Big Data".

"Anda akan mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana keamanan dalam pemanfaatan big data yang dapat mengubah permainan dalam pengambilan keputusan bisnis Anda. Segera daftarkan diri Anda melalui link berikut ini bit.ly/ASEC-WEBINAR," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement