Advertisement

Cara Menghapus Fitur Saluran Whatsapp

Abdul Hamied Razak
Senin, 09 Oktober 2023 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Cara Menghapus Fitur Saluran Whatsapp Ilustrasi Whatsapp / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bagi sebagian orang, tampilan dari fitur channel atau saluran WhatsApp (WA) bisa cukup mengganggu. Jika demikian, maka pengguna bisa menghilangkan tampilan saluran di WhatsApp.

Untuk diketahui, fitur saluran atau channel WhatsApp adalah fitur baru yang letaknya ada di menu pembaruan WhatsApp. Menu baru WhatsApp ini merupakan pengganti menu status yang biasa memuat daftar status WA.

Advertisement

Namun demikian, acap kali pengguna terganggu dengan tampilan menu pembaruan WhatsApp karena bergabung dengan daftar channel. Sebabnya, halaman menu pembaruan WhatsApp bisa penuh dengan pesan dari akun saluran (channel).

Bila merasa terganggu dengan kondisi ini, maka salah satu solusinya dengan menghilangkan saluran di WhatsApp. Pengguna sejatinya bisa menghapus channel WhatsApp untuk membuat tampilan daftar status WA kembali seperti sediakala.

BACA JUGA: Cara Praktis dan Mudah Mengirim Video HD di WhatsApp

Lalu, bagaimana cara menghilangkan tampilan saluran di WhatsApp? Untuk menghapus saluran di status WA caranya cukup mudah.

Cara menghilangkan tampilan saluran di WhatsApp pada dasarnya bisa dilakukan dengan unfollow semua akun channel yang telah diikuti.

Merujuk pada laman whatsapp.com, berikut langkah menghilangkan tampilan saluran di WhatsApp:

1. Klik menu pembaruan WhatsApp. Jika sebelumnya telah mengikuti (follow) akun saluran WhatsApp maka akan muncul kolom daftar channel yang berada tepat di bawah daftar status pada menu pembaruan WhatsApp.

2. Pada daftar channel yang diikuti, klik dan buka ruang obrolan akun saluran yang hendak dihapus.

3. Pada ruang obrolan akun saluran itu, klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Batal Mengikuti”.

4. Setelah klik opsi tersebut atau di-unfollow, akun saluran bakal terhapus dari daftar saluran dan pengguna tak bakal mendapat kiriman informasi atau pesan lagi darinya.

BACA JUGA: Cara Mengedit Pesan WhatsApp yang Terlanjur Dikirim


Nah, bagi yang ingin menghapus saluran Whatsapp secara permanen bisa mengikuti langkah di bawah ini. Harus diingat menghapus saluran ini bersifat permanen. Jika menghapus saluran, Anda tidak dapat membuat info lagi dari saluran tersebut.

Bagi pengikut masih dapat menemukan saluran Anda, tetapi akan melihat pesan sistem bahwa saluran sudah dihapus. Info sebelumnya masih akan tersedia dari telepon mereka.

Namun jika bukan pengikut (mis., pemirsa) tidak dapat lagi melihat saluran Anda atau infonya. Mereka tidak dapat menemukan saluran Anda di pencarian lagi. Orang baru tidak dapat mengikuti saluran Anda lagi dan tautan berbagi tidak akan berfungsi.

Cara Menghapus saluran

1. Dari tab Pembaruan di telepon atau halaman Saluran di web, cari lalu ketuk atau klik saluran untuk membukanya.

2. Ketuk atau klik nama saluran, lalu Hapus saluran > Hapus.

3. Masukkan nomor telepon untuk mengonfirmasi, lalu ketuk atau klik Hapus.

Setelah berhasil dihapus, Anda akan melihat pesan “Anda menghapus saluran” di tab Pembaruan. Cukup mudah bukan untuk menghapus fitur saluran (channel) Whatsapp?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Pastikan Usung Dedi Mulyadi untuk Pilgub Jabar 2024

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement