Advertisement

Cara Mengedit Pesan WhatsApp yang Terlanjur Dikirim

Abdul Hamied Razak
Minggu, 20 Agustus 2023 - 08:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Cara Mengedit Pesan WhatsApp yang Terlanjur Dikirim Edit pesan WhatsApp. Ist.Blogwhastapp

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tidak jarang ada kesalahan penulisan atau typo pada pesan WA (WhatsApp) terlanjur dikirim. Atau Anda berubah pikiran setelah mengirim pesan di WA dan ingin mengubahnya.

Jangan khawatir. Jika itu terjadi Anda dapat mengedit pesan yang sudah terkirim. Whatsapp menghadirkan fitur edit pesan. Dengan fitur ini, pengguna bakal bisa mengubah isi chatnya, bahkan setelah pesan terkirim.

Advertisement

BACA JUGA: Yuk, Nikmati Cara Baru Share Screen WhatsApp Saat Video Call

WA menyediakan fitur "Edit" untuk mengoreksi kesalahan ejaan hingga menambahkan konteks ke pesan. Artinya, fitur edit ini bakal bisa mengoreksi kesalahan ejaan dan juga bisa menambahkan konteks pada chat pengguna.

"Kami sangat senang dapat memberi Anda kontrol lebih atas chat Anda. Dalam waktu lima belas menit setelah pesan terkirim, cukup tekan lama pada pesan yang sudah terkirim lalu pilih "Edit" dari menu," demikian tulis WhatsApp dalam blognya dikutip Minggu (20/8/2023).

Pesan yang diedit akan ditandai dengan tulisan ‘diedit’, sehingga orang-orang yang Anda kirimi pesan dapat langsung mengetahui bahwa pesan tersebut telah dikoreksi tanpa perlu menunjukkan riwayat pengeditan.

Sama halnya seperti semua panggilan, media, dan pesan pribadi, pesan serta pengeditan yang Anda buat dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Fitur ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan. Sayangnya saat itu, fitur belum tersedia untuk seluruh pengguna platform.

"Fitur ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan," tulis WhatsApp.

BACA JUGA: Trik Atasi WhatsApp Tak Bisa Dibuka

Bagaimana Cara Edit pesan WA? Berikut langkahnya.


1. Pilih pesan yang akan diedit dengan menekan dan menahannya.

2. Kemudian ketuk Edit dari menu. Untuk pengguna iOS, opsi tersedia pada pop menu adapun Android terletak pada ikon titik tiga.

3. Lalu ketik pesan kalimat baru yang diinginkan untuk menggantikan pesan yang sebelumnya sudah terkirim.

4. Terakhir, kirim pesan baru hasil editan tersebut ke ruang obrolan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement