Advertisement

Knalpot Brong Dilarang di DIY, Ini Dampaknya Jika Dipasang di Sepeda Motor

Sirojul Khafid
Jum'at, 19 Januari 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Knalpot Brong Dilarang di DIY, Ini Dampaknya Jika Dipasang di Sepeda Motor Knalpot Racing atau knalpot brong / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski ada efek visual yang bagi beberapa orang menarik, penggunaan knalpot brong bisa berdampak pada mesin motor. Supervisor Safety Riding & Community Development Astra Motor Jogja, Muhammad Ali Iqbal, mengatakan setidaknya ada dua dampak knalpot brong.

Pertama, dari sisi safety riding, kedua dari tubuh motornya.

Advertisement

Dari sisi safety riding, suara dari knalpot brong bisa mengganggu masyarakat maupun sesama pengguna motor di jalan. Suara bising, di samping mengganggu kenyamanan, juga bisa merusak konsentrasi pengendara lainnya.

“Knalpot brong dari jauh sudah kedengeran, pengguna akan terganggu, konsentrasinya akan terganggu juga. Motoran harus fokus dan jangan meleng. Kalau konsentrasi terganggu dan tidak bisa fokus, berpotensi terjadi kecelakaan,” kata Ali belum lama ini.

Sementara dari sisi sepeda motornya, penggunaan knalpot brong akan menghilangkan garansi resmi untuk mesin.

Penggunaan knalpot jenis ini juga menghilangkan filter di dalam knalpot standar, yang mengakibatkan polusi berupa CO2 lebih banyak yang keluar dari motor. Meski asapnya tidak begitu terlihat, tapi sebenarnya ada. “Misal manasin motor di ruangan terus matanya pedas, [itu ada asapnya] meski enggak keliatan,” katanya.

Penggunaan knalpot brong memperbesar potensi kerusakan mesin. Penggunaan knalpot tersebut memperberat kerja mesin, terutama karena tidak adanya penyaring. Dari sisi durasi mesin, knalpot yang standar berpeluang memperpanjang usia mesin, dibanding yang brong. Meski tidak ada patokan detailnya.

BACA JUGA: Hujan Terus Menerus hingga Januari 2024, Ini Daerah Sebarannya

“Cuma untuk waktunya tergantung pemakaian, pemakaian [knalpot brong yang] biasa aja mungkin lebih lama usia mesinnya daripada yang ugal-ugalan,” kata Ali.

Menurut Ali, knalpot brong juga tidak menambah kecepatan suatu motor. Meski dalam hal motor balap, yang mesinnya sudah digarap atau dimodifikasi sedemikian rupa, penggunaan knalpot brong menjadi suatu keharusan.

Apabila tidak memakai knalpot brong, sistem pembuangan mesin tidak maksimal. Namun beda cerita dengan motor standar, knalpot itu justru akan merusak mesin.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement