Advertisement

India Luncurkan Iris, Guru Sekolah Berwujud Robot AI

Lajeng Padmaratri
Kamis, 14 Maret 2024 - 16:37 WIB
Lajeng Padmaratri
India Luncurkan Iris, Guru Sekolah Berwujud Robot AI India meluncurkan guru berupa robot berbasis kecerdasan buatan atau AI pertama yang bernama Iris. - Business Today

Advertisement

Harianjogja.com, KERALA—Bagaimana jika murid-murid di sekolah diajar oleh seorang robot? Rupanya, hal ini mulai diterapkan di salah satu sekolah di Kerala, sebuah negara bagian di India.

Baru-baru ini, India meluncurkan guru berupa robot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) pertama yang bernama ‘Iris’. Robot itu telah ditempatkan di Sekolah Menengah Atas KTCT, Thiruvananthapuram.

Advertisement

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Laptop MSI Terjangkau di Bawah Rp15 Juta, Lebih Murah dengan Ramadan Deals

Dalam berbagai video yang beredar di media sosial, robot humanoid Iris diwujudkan dalam sosok guru perempuan yang mengenakan Sari, pakaian tradisional India. Robot ini bisa berjalan berkat bantuan roda dan bersalaman dengan murid-murid.

Dilansir dari Business Today, robot ini dikembangkan bekerja sama dengan Makerlabs Edutech. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan inovasi baru di bidang pendidikan dengan menawarkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi bagi siswa.

Dibangun di bawah proyek Atal Tinkering Lab (ATL) yang diprakarsai oleh NITI Aayog, robot Iris menawarkan serangkaian fitur yang bertujuan untuk merevolusi metode pengajaran tradisional.

BACA JUGA: Minim Tenaga Kerja, Perusahaan Jepang Ciptakan Robot Tanpa Awak untuk Layanan Antar Makanan

Pengembangnya sempat mengunggah video di Instagram yang memperkenalkan Iris, dengan narasi yang berbunyi:

Menembus Batas dalam Pendidikan: Memperkenalkan IRIS, Robot Guru AI pertama di India! berdasarkan AI generatif.

Di garis depan inovasi, Makerlabs Edutech dengan bangga memperkenalkan kreasi terbaru kami, IRIS - Robot Guru AI, yang siap untuk mendefinisikan kembali lanskap pembelajaran seperti yang kita kenal sekarang. IRIS mewujudkan komitmen kami untuk mendorong batas-batas dari apa yang mungkin dilakukan, menginspirasi keyakinan akan lebih banyak inovasi inovatif di masa depan.

Dengan IRIS, kami berupaya merevolusi pendidikan dengan memanfaatkan kekuatan AI untuk menciptakan pengalaman belajar yang benar-benar dipersonalisasi. Dengan beradaptasi dengan kebutuhan dan preferensi setiap siswa, IRIS memberdayakan para pendidik untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan efektif yang belum pernah ada sebelumnya.

Menurut pengembangnya, robot AI ini memiliki asisten suara bawaan dan ditenagai oleh chipset Intel. Ini menggunakan sistem antarmuka aplikasi Android untuk menawarkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan berinteraksi dengan orang-orang. Ia dilengkapi dengan roda dan dirancang untuk memahami dan berbicara dalam berbagai bahasa dan masalah kompleks dalam berbagai mata pelajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Business Today

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement