Advertisement

Sisa Bahan Makanan yang Difermentasi Bisa Jadi Energi Listrik

Newswire
Sabtu, 25 Mei 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Sisa Bahan Makanan yang Difermentasi Bisa Jadi Energi Listrik Siswa SMA Progresif Sidoarjo Firdhea Rahma Cahyani (dua kiri) menjelaskan hasil karya energi listrik dari bahan limbah makanan pada kegiatan Progresif Science and Innovation Exhibition (PSIE) di sekolah setempat, Sabtu (25/5/2024). Antara - Umarul

Advertisement

Harianjogja.com, SIDOARJO—Sisa bahan makanan yang difermentasi bisa diubah menjadi energi listrik. Hal ini berhasil diciptakan oleh Siswa SMA Progresif Bumi Shalawat (SMASIF) Sidoarjo, Jawa Timur.

Salah satu siswa Firdhea Rahma Cahyani kelas XI ICP 1 SMASIF saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Sabtu mengatakan ide pembuatan energi listrik dengan menggunakan sisa makanan tersebut dari banyaknya siswa makanan yang dibuang di tempat sampah.

Advertisement

"Dari situ kemudian bersama teman-teman melakukan penelitian dan berhasil menciptakan energi listrik tersebut," katanya di sela kegiatan Progresif Science and Innovation Exhibition (PSIE) di sekolah setempat.

Ia menjelaskan, proses pembuatan sederhana yaitu sisa makanan tersebut difermentasi dengan menggunakan bakteri baik, dan selanjutnya dimasukkan ke dalam wadah.

"Setelah itu dikombinasikan dengan bahan penyeimbang dan ada di dalam laboratorium. Dari prototipe tersebut kemudian tercipta energi listrik dengan harapan bisa menjadi energi baru terbarukan," katanya.

Ia mengatakan, sisa makanan yang sudah tidak menghasilkan energi listrik nantinya bisa digunakan sebagai kompos, menyusul hasil limbah akhir sisa makanan tersebut sudah tidak berbau dan ramah lingkungan.

“Hasil karya kami yang berhasil meraih medali perak dalam ajang IPITEX 2024 di Bangkok Thailand. Acara tersebut merupakan kompetensi ilmiah yang dihelat oleh National Research Council of Thailand dengan kategori Protection of the Environment/ Energy/ Water/ Power and Electricity/ Green Technology," tuturnya.

BACA JUGA: Festival Kuliner Mataraman, Penyajian Ribuan Porsi Mi Lethek Pecahkan Rekor Muri

Kepala SMASIF Misbahul Munir sangat mendukung adanya acara ini karena para siswa ditanamkan nilai-nilai entrepreneur yang sangat berguna bagi mereka ketika menghadapi masa depannya nanti.

"Itu keunggulan SMA Progresif Bumi Shalawat, di sini mereka disiapkan untuk menjawab semua tantangan yang ada. Para guru juga rela membimbing dari hulu sampai hilirnya. Dari tahap awal sampai akhir. Sehingga apa saja tantangannya, mereka siap," kata dia.

Misbahul Munir menambahkan, tahun depan, PSIE akan mengusung konsep baru yang lebih inovatif dan meriah serta jenis-jenis produk baru yang dihasilkan para siswa.

"Tentunya kami akan terus berinovasi supaya hasil karya siswa ini bisa berguna bagi masyarakat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement