Advertisement

Elaelo Bakal Menggantikan X, Pakar IT Ingatkan Pencurian Data Pribadi

Ni Luh Anggela
Senin, 17 Juni 2024 - 19:37 WIB
Maya Herawati
Elaelo Bakal Menggantikan X, Pakar IT Ingatkan Pencurian Data Pribadi Media sosial X - ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Masyarakat diimbau untuk tidak menggunakan platform media sosial Elaelo yang diklaim sebagai pengganti X (dulunya Twitter). Hal ini utarakan Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi.

Heru mengatakan, saat ini belum diketahui secara pasti siapa pengembang Elaelo dan bagaimana fungsi dari platform tersebut.

Advertisement

Dia mengimbau agar masyarakat tidak terlalu mengumbar banyak data pribadi atau bahkan tidak menggunakan platform tersebut, sebelum mengetahui asal usul Elaelo.

“Kalau belum jelas dan belum terdaftar baiknya jangan terlalu mengumbar banyak data pribadi dan bahkan jangan dulu menggunakan aplikasinya,” kata Heru, Senin (17/6/2024).

BACA JUGA: Ini Daftar Anggota DPRD Kulonprogo Terpilih 2024 Setelah Penetapan, PDIP Paling Banyak Peroleh Kursi

Di sisi lain, Heru mengapresiasi jika ada aplikasi anak bangsa yang dapat bersaing atau menggantikan media sosial yang sudah ada saat ini.

Kendati begitu, dia mengingatkan baik media sosial dari luar maupun karya anak harus tetap mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, baik melawan hoaks, ujaran kebencian, pornografi, hingga perjudian.

Termasuk, memastikan keamanan siber dan keamanan data pengguna mengingat Indonesia telah memiliki Undang-undang No. 27/2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Senin (17/6/2024) pada pukul 16.01 WIB, platform tersebut sedang ditangguhkan. Memiliki domain dot id, platform tersebut mengklaim sebagai media sosial lokal pengganti X (Twitter).

Halaman depan Elaelo hanya menampilkan logo Burung Garuda dengan tulisan Welcome to elaelo - Medsos Lokal Pengganti X/Twitter. Lalu, ada petunjuk Sign In dengan kolom username or email dan password.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Basuki: Pemasangan Patung Garuda Kantor Presiden di IKN Telah Selesai

News
| Senin, 22 Juli 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement