Advertisement

Apa itu Aplikasi HR? Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Terbaik untuk Bisnis

Media Digital
Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:07 WIB
Ujang Hasanudin
Apa itu Aplikasi HR? Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Terbaik untuk Bisnis Aplikasi HR dapat membantu perusahaan untuk mengelola SDM dan mengambil keputusan tepat.

Advertisement

JOGJAAplikasi HR atau HRIS (Human Resource Information System) adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk dapat membantu pengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan.

Pada software HR dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya manusia dan dapat menyediakan dasar yang lebih baik untuk pengambilan keputusan melalui analisis data yang tepat.

Advertisement

Pengertian Aplikasi HR

Aplikasi HR adalah sistem yang dirancang untuk menyederhanakan tugas rutin dalam manajemen SDM dan mengotomatiskan proses terkait pengelolaan karyawan di suatu perusahaan.

HRD dapat mengelola software HR untuk mengakses informasi penting tentang tenaga kerja di berbagai fungsi utama SDM, seperti rekrutmen, onboarding, pengelolaan database karyawan, kompensasi, pengajuan cuti, absensi, dan penggajian.

Dengan mengintegrasikan sistem HRIS, aplikasi ini dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan biaya tenaga kerja, mengelola karyawan lebih efisien, serta mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Fungsi Aplikasi HR

Data yang tersimpan di HRIS dapat dimanfaatkan untuk membuat keputusan tepat dan meningkatkan efisiensi serta komunikasi antar staf, berikut beberapa fungsinya.

1. Transformasi Digital Pengelolaan SDM

Fungsi utama aplikasi HR adalah memfasilitasi transformasi digital dalam pengelolaan data perusahaan dan karyawan. Sebelumnya, data diolah secara manual, tetapi saat ini dapat disimpan secara digital.

2. Meningkatkan Ketepatan dalam Pengelolaan Gaji

Pengelolaan gaji adalah aspek penting yang memerlukan ketelitian dan transparansi, sebab berhubungan dengan kepuasan dan kepercayaan karyawan. Software HR dapat mengurangi risiko kesalahan dalam perhitungan gaji, termasuk potongan pajak.

3. Kemudahan Memantau Key Performance Indicator (KPI)

Hal ini dapat memudahkan pemantauan kinerja karyawan, terutama dengan sistem kerja jarak jauh yang dilengkapi dengan fitur presensi real-time. Dengan begitu, dapat mengatur kebijakan kehadiran dan memantau tugas karyawan melalui deskripsi absensi.

4. Keamanan Data Karyawan

Data karyawan adalah informasi sensitif yang perlu dilindungi sesuai dengan regulasi yang ada. Software HR dapat membantu mengontrol akses data dengan meningkatkan perlindungan dan mengurangi risiko adanya kebocoran data.

5. Penghematan Biaya Operasional

Adanya penghematan biaya dalam pengelolaan data, mengurangi waktu, dan energi yang dibutuhkan untuk tugas manual. Selain itu, dapat menghemat biaya operasional kecil yang berdampak pada arus kas perusahaan.

7 Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik

Aplikasi HR menjadi aspek penting bagi perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia dengan lebih efisien, berikut adalah rekomendasi aplikasi HR terbaik.

1. LinovHR

LinovHR adalah penyedia layanan software HR yang menawarkan berbagai solusi untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia di berbagai sektor industri.

LinovHR dapat membantu perusahaan menangani berbagai kebutuhan, mulai dari pengelolaan database karyawan, penggajian, PPh 21, BPJS, hingga absensi, cuti, rekrutmen, dan banyak lainnya.

LinovHR juga memudahkan dalam manajemen sumber daya manusia melalui berbagai modul HRIS, yaitu sebagai berikut:

  • Manajemen Data Karyawan. Menyimpan informasi karyawan dalam satu tempat yang mudah diakses.
  • Rekrutmen dan Onboarding. Mengelola proses rekrutmen dan orientasi karyawan baru secara efisien.
  • Manajemen Cuti dan Absensi. Mengotomatiskan pengajuan cuti dan pemantauan absensi karyawan.
  • Penggajian dan Kompensasi. Memastikan perhitungan gaji dan tunjangan secara tepat dan transparan.
  • Pelaporan dan Analisis Kinerja. Memantau dan menganalisis kinerja karyawan untuk pengambilan keputusan.
  • Pengembangan Karyawan. Mengelola pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan.

Dengan fitur yang ditawarkan, LinovHR adalah solusi ideal bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan SDM dan memastikan data karyawan dikelola secara profesional dan terstruktur.

2. OrangeHRM

OrangeHRM menyediakan versi open source yang memungkinkan perusahaan menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan spesifik mereka, memberikan fleksibilitas lebih tinggi.

Aplikasi HR ini menawarkan berbagai fitur, termasuk manajemen cuti, absensi, dan penggajian. OrangeHRM hadir dalam dua versi dengan harga yang berbeda.

Versi Berbayar (OrangeHRM Enterprise). Harganya tidak tercantum di situs web, tetapi bervariasi berdasarkan ukuran perusahaan dan fitur yang dipilih. Berdasarkan ulasan Fit Small Business, untuk 25 karyawan, biaya tahunan sekitar USD 1.380.
Versi Open Source. Gratis dengan fitur dasar yang dapat diunduh langsung dari situs web mereka.

3. BambooHR

BambooHR adalah software HR terbaik yang digunakan untuk perusahaan kecil hingga menengah, dengan dilengkapi fitur pelaporan yang kuat dapat memantau perkembangan dan kinerja karyawan.

Menurut Trustradius, biaya untuk paket Core dan Pro BambooHR sekitar USD 250 per bulan. Namun, harga dapat bervariasi, jadi untuk informasi yang lebih tepat, sebaiknya kunjungi situs web mereka untuk detail mengenai biaya software HR yang ditawarkan.

4. Gusto

Gusto adalah aplikasi HR dengan fitur lengkap, seperti manajemen gaji, waktu dan kehadiran, cuti, serta pengelolaan dokumen karyawan.

Aplikasi ini juga dapat membantu manajemen pajak dan asuransi, membantu tim HR memenuhi kewajiban perpajakan dan asuransi karyawan dengan lebih efisien. Guato menawarkan berbagai paket harga.

Paket Simple. Seharga $40 per bulan ditambah $6 per orang, ideal untuk bisnis kecil dengan hingga 10 karyawan atau kontraktor 1099.
Paket Plus. Dibanderol $80 per bulan, ditambah $12 per orang, dengan fitur canggih dan dukungan lebih personal.

Paket Kontraktor. Seharga $35 per bulan, ditambah $6 per kontraktor, cocok untuk bisnis yang memfokuskan pada kontraktor dengan diskon $0 per bulan selama 6 bulan bagi pengguna baru.

Paket Premium. Dirancang untuk tim besar dengan harga khusus dan dukungan lebih lengkap.

5. ZenefitsHR

ZenefitsHR adalah platform HR all-in-one dirancang untuk membantu usaha kecil dan menengah mengelola berbagai tugas HR dengan lebih efisien, dengan menawarkan fitur menarik seperti manajemen gaji dan alat untuk mengelola pajak.

Harga dari ZenefitsHR memiliki beragam variasi, sebagai berikut.

Essentials. Mulai dari $10 per karyawan per bulan, mencakup manajemen SDM dasar, tunjangan, dan waktu kehadiran,
Growth. Seharga $18 per karyawan per bulan, fitur tambahan seperti manajemen performa.

Zen. Harga dibanderol mulai dari $27 per karyawan per bulan, mencakup semua fitur dengan tambahan alat kesehatan dan layanan kesehatan digital.

6. SAP SuccessFactors

SAP SuccessFactors adalah sistem HRIS untuk perusahaan besar dengan kebutuhan HR kompleks. Fitur utamanya mencakup rekrutmen, manajemen talenta, pengembangan karyawan, dan analitik HR.

Menurut situs webnya, SAP SuccessFactors menawarkan paket Employee Central (Core HR) dengan harga USD 75,60 per tahun dengan minimal 1.000 unit dan kontrak berkisar 12-60 bulan. Pembayaran dapat dilakukan melalui faktur di semua negara.

7. ADP Workforce Now

ADP Workforce Now adalah solusi HR berbasis cloud untuk perusahaan menengah hingga besar, memudahkan pengelolaan gaji, SDM, dan kepatuhan. Platform ini mencakup seluruh siklus karyawan, dari perekrutan hingga pensiun.

Menurut Forbes Advisor, ada tiga paket berlangganan, Essential, Enhanced, dan Premium dengan biaya sekitar USD 62 per bulan. Namun, biaya aktual dapat lebih tinggi, seperti payroll untuk 50 karyawan yang ditawarkan seharga USD 400 per bulan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Tentara Indonesia Jadi Korban Serangan Israel di Lebanon, Begini Kondisinya

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement