Advertisement

Pengembang Game Lokal Didorong Bersaing ke Pasar Global

Newswire
Minggu, 05 Juli 2020 - 08:17 WIB
Sunartono
Pengembang Game Lokal Didorong Bersaing ke Pasar Global Avengers: Endgame - BGR.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) mengajak para pelaku industri dan pengembang game lokal untuk ikut dalam subevent internasional dari Gamescom 2020 yakni Devcom Digital Conference 2020.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan pihaknya siap memfasilitasi dan memprioritaskan agar game-game produksi Indonesia dapat tampil di ajang internasional.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Penjelasan Kenapa Pecandu Game Online

“Kami berharap bisa memberikan dukungan penuh kepada pengembang game lokal kita, sehingga dapat bersaing di pasar global,” katanya.

Partisipasi Indonesia didasari data Survei Ekonomi Kreatif pada 2016 bahwa subsektor aplikasi dan pengembang permainan menyumbang 1,86 persen dari PDB Ekonomi Kreatif atau setara dengan 17,142 miliar rupiah.

Bentuk fasilitasi yang diberikan Kemenparekraf/Baparekraf untuk para perusahaan yang terpilih adalah akses penuh menuju Devcom Digital Conference 2020.

“Dengan akses penuh ini, para peserta bisa mengikuti semua kelas konferensi yang ada, mengikuti B2B ‘matchmaking online’ untuk mencari partner dan investor global, serta memamerkan karyanya masing-masing dalam virtual booth yang dimiliki Indonesia,” kata Yuana Rochma Astuti.

BACA JUGA : Banyak Usung Nuansa Game Saat Kenalkan Pemain

Yuana menambahkan, peserta juga akan mendapatkan akses untuk mengikuti MeetToMatch-The Online Cologne Edition yang akan memperkuat peluang menjalin transaksi bisnis dari perusahaan global.

Gamescom merupakan pameran game terbesar di Eropa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi COVID-19 membuat acara game yang bersifat Business to Business (B2B) serta Business to Consumer (B2C) ini harus menghentikan kegiatan offline-nya pada 2020 dan mengubah format menjadi online yang siap digelar mulai pertengahan Juli 2020.

Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia Cipto Adiguno menambahkan, meskipun pasar industri game di Indonesia adalah salah satu yang terbesar, karakteristik pasarnya masih sangat sulit untuk bisa ditembus oleh pemain baru.

“Bagi para pelaku industri lokal yang relatif kecil, kesempatan bisnis terbesar malah berada di luar negeri. Meski demikian, akses ke pasar tersebut lebih sulit daripada membidik target pasar sendiri, baik dari posisi geografis maupun pemahaman lokal untuk menentukan strategi sukses terbaik,” ujar Cipto Adiguno.

Keikutsertaan Indonesia dalam Gamescom 2020 ini merupakan kali kedua secara berturut-turut. Tahun lalu, sebanyak 10 perusahaan Indonesia di bawah naungan program Archipelageek juga mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karya-karyanya di Paviliun Indonesia Gamescom 2019 serta mencari peluang transaksi bisnis di sesi Business Day.

Keikutsertaan Indonesia dalam acara tersebut menghasilkan nilai transaksi bisnis sebesar 1,15 juta dolar AS (sekitar Rp16 miliar) antara perusahaan Indonesia dengan mitra globalnya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement