Advertisement

Menpenrin Intens Lobi Pelaku Usaha Usai Tersendatnya Penjualan Motor

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 19 Mei 2022 - 03:47 WIB
Jumali
Menpenrin Intens Lobi Pelaku Usaha Usai Tersendatnya Penjualan Motor Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Penjualan sepeda motor tersendat akibat masih langkanya ketersediaan cip atau semikonduktor. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku intens melobi pelaku industri tersebut untuk menyediakan lebih banyak.

“Sejak tahun lalu saya melobi secara intens kepada pelaku industri cip baik dalam maupun luar negeri agar mau ekspansi di Indonesia,” katanya, Rabu (18/5/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Agus menjelaskan bahwa disrupsi rantai pasok cip sudah mengganggu seluruh produsen otomotif tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

“Ini [mengajak pelaku industri cip ekspansi] memang tidak mudah. Tapi potensi pasar Indonesia sangat besar,” jelasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), distribusi motor dari Januari sampai April atau sepanjang tahun ini (year to date/ytd) untuk pasar domestik sebanyak 1.702.058 unit. Sedangkan ekspor 224.236 unit. Penjualan untuk dua sektor tersebut turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Pasar domestik pada 2021 sebesar 1.766.852 dan ekspor 288.035.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala penjualan yang loyo diakibatkan beberapa anggota asosiasi yang kesulitan masalah chip.

“Jadi otomatis berpengaruh. Apalagi dengan situasi beberapa tempat ini kan pengaruh dari lockdown,” katanya saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Sigit menjelaskan bahwa kelangkaan cip masih belum juga tertangani meski sudah berlangsung selama setahun. Tentunya ini masih menjadi momok untuk meningkatkan penjualan. “Sebetulnya permintaan bagus. Dari data kita cukup besar peminatnya. Tapi kita tidak bisa penuhi masalah cip itu sehingga membuat daftar tunggu lebih panjang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demo Aremania Ricuh, Polisi: Ada 3 Orang Alami Luka-Luka

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement