Advertisement

200 Aplikasi Mengandung Malware FaceStealer Ada di Play Store

Jumali
Sabtu, 21 Mei 2022 - 17:07 WIB
Jumali
200 Aplikasi Mengandung Malware FaceStealer Ada di Play Store Daftar aplikasi di Play Store yang mencuri data pribadi / Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Setidaknya 200 aplikasi mengandung malware FaceStealer dilaporkan masih terus beredar di Google Play Store. Padahal, malware tersebut dapat mencuri data pengguna, termasuk kredensial atau kata sandi (password) akun Facebook.

Malware FaceStealer itu saat ini telah menyamar sebagai aplikasi pengeditan foto, kamera, virtual Private Network (VPN), fitness, penambang mata uang kripto (cryptocurrency mining), dan lainnya. Adapun 200 aplikasi mengandung malware FaceStealer tersebut di antaranya; Daily Fitness OL, Enjoy Photo Editor, Panorama Camera, Photo Gaming Puzzle dan Swarm Photo

Advertisement

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya infeksi malware FaceStealer, maka Anda harus melakukan beberapa langkah, di antaranya :

— Hindari aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk masuk ke akun media sosial seperti Facebook, kecuali aplikasi tersebut tergolong resmi dan dibuat pengembang kenamaan dan terpercaya.

— Perhatikan nama pengembang yang tertera di laman Google Play Store. Apabila nama pengembang mengatas namakan "Google Commerce Ltd", maka sangat disarankan untuk tidak mengunduh aplikasi tersebut.

— Anda harus memastikan keaslian informasi kontak yang mencakup situs dan alamat e-mail pengembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Trend Micro

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement