Advertisement

Windows Paling Rentan Terkena Serangan Malware

Jumali
Selasa, 24 Mei 2022 - 02:47 WIB
Jumali
Windows Paling Rentan Terkena Serangan Malware Ilustrasi serangan siber. - Sputniknews

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sistem operasional Windows menjadi sistem operasi mobile paling rentan terkena serangan malware, dibandingkan Android dan MacOS.

Hal ini diungkapkan oleh analisis data dari perusahaan antivirus independen AV-Test GmbH. Berdasarkan survei, pada Januari terdapat peningkatan terbanyak dalam pengembangan malware baru. Jumlahnya terdeteksi 11,41 juta sampel malware baru pada bulan pertama 2022.

Advertisement

Kemudian, pada Februari, ada 8,93 juta sampel malware yang terdeteksi. Kemudian pada Maret, terdapat 8,77 juta sampel malware yang dideteksi.

Hingga akhir kuartal pertama 2022, terdapat 29,11 juta ancaman malware baru. Dengan hitungan tersebut, setidaknya ada 5,65 juta sampel malware baru yang ditemukan pada April 2022.

Sementara dari perincian antar platform, di Microsoft Windows terdapat 25,48 juta sampel malware baru pada 2022. Sedangkan di Android hanya 536 ribu sampel malware baru. Untuk MacOS, jumlah sampel malwarenya paling sedikit pada 2022, yakni 2000-an malware.

Meski MacOS relatif jarang malware, Apple masih menemukan ancaman pada platform dan hal ini tidak bisa diterima. Kerentanan dan ekspoilitasi tidak pernah terdengar ada di iOS, tetapi lebih jarang dibandingkan di MacOS. Prevalensi malware pada platform pesaing seperti Android dan Windows menjadi argumen Apple untuk tidak membuka platformnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : GizChina

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement