Advertisement

Jejak Bintang Baru Tercipta dari Aktivitas Lubang Hitam

Arlina Laras
Minggu, 09 April 2023 - 12:07 WIB
Jumali
Jejak Bintang Baru Tercipta dari Aktivitas Lubang Hitam Lubang Hitam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah ilmuwan menemukan hadirnya jejak bintang baru sepanjang 200.000 tahun cahaya. Bintang baru tersebut kemungkinan ada sebagai hasil dari aktivitas lubang hitam.

BACA JUGA: Lubang Hitam Terdekat dengan Bumi Ditemukan

Advertisement

Jejak bintang baru yang dihasilkan oleh lubang hitam dapat terlihat melalui pengamatan teleskopik dari jarak jauh. Para ilmuwan sering menggunakan jejak ini untuk mempelajari karakteristik lubang hitam dan efek gravitasi mereka terhadap objek-objek di sekitarnya.

Pieter van Dokkum dari Universitas Yale pun menjabarkan apa yang dirinya temukan melalui Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah menangkap kejadian ini.

"Kami pikir kami sedang melihat dampak dari lubang hitam di mana gas mendingin dan mampu membentuk bintang,” jelasnya dilansir dari Channel News Asia, Minggu (9/4/2023).

Para peneliti percaya lubang hitam yang beratnya setara dengan 20 juta matahari ini terbentuk dari dua galaksi yang mungkin bergabung sekitar 50 juta tahun sebelumnya, menyatukan dua lubang hitam supermasif, yang saling berputar secara harmonis.

Akan tetapi, galaksi ketiga bertubrukan dengan lubang hitamnya sendiri, menciptakan kondisi yang tidak stabil dan kacau hingga akhirnya membuat salah satu dari mereka terlontar dengan kecepatan tinggi. Para peneliti mengatakan kecepatan lontaran itu setara dengan kecepatan perjalanan 14 menit dari Bumi ke Bulan.

Meskipun pengaruh lubang hitam terhadap objek yang jaraknya jauh mungkin tidak langsung terlihat, namun pengamat masih perlu memperhitungkan efek gravitasi lubang hitam terhadap sistem bintang, planet, dan galaksi di sekitarnya.

Di sisi lain, Teleskop Antariksa Romawi Nancy Grace yang diharapkan meluncur akhir dekade ini dapat memberikan para astronom pandangan yang lebih luas tentang alam semesta dan dapat mengarah pada penemuan lebih banyak proses pembentukan bintang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Kini Diusut Bareskrim

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement