Advertisement

Enam Rekomendasi Ucapan Lebaran Melalui WhatsApp Kepada Orang Tersayang

Newswire
Selasa, 18 April 2023 - 15:07 WIB
Jumali
Enam Rekomendasi Ucapan Lebaran Melalui WhatsApp Kepada Orang Tersayang Ilustrasi Whatsapp / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Momen perayaan penuh kemenangan Idulfitri 1444 H semakin di depan mata, di momen ini mungkin saja anda tidak bisa menemui semua orang untuk bisa bersilahturahmi.

BACA JUGA: Lihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Advertisement

Maka dari itu membagikan ucapan Lebaran melalui layanan digital menjadi salah satu solusi agar relasi dan hubungan baik dapat terjaga dengan orang-orang tersayang.

Melalui siaran persnya, Selasa (18/4/2023), WhatsApp membagikan enam rekomendasi ucapan lebaran penuh makna yang bisa dibagikan untuk orang-orang tersayang di Lebaran 2023.

Kirim pesan bermakna dengan sisipan doa

"Seperti sungai yang terus mengalir, bulan suci Ramadan akan segera berakhir. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair. Selamat Hari Raya Aidil Fitri 1 Syawal 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah Ramadan, selalu mengalir untuk kita semua"

Ide ucapan ini berasal dari Psikolog Analisa Widyaningrum, S.Psi, M.Psi yang juga kreator konten sekaligus CEO di APDC Indonesia. Ia pun membagikan kiat agar ucapan Lebaran penuh harapan tersebut bisa terasa lebih personal.

“Coba untuk mengambil jeda sembari membayangkan sosoknya, cobalah untuk menggambarkan apa yang Anda rasakan tentang mereka, lalu tuliskan betapa berharganya mereka, serta sampaikan maaf yang tulus dan kiriman doa harapan terbaik darimu," ujar Analisa.

Sampaikan maaf untuk keluarga dan tunjukkan apa yang dirasa

"Di bulan Ramadan ini, aku yakin harapan kita semua adalah menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk Sekala yang semakin hari semakin dewasa, semoga kalau sudah besar nanti, kita selalu bisa memaknai lebaran bersama Mama dan Dido ya. Selamat Idulfitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua bisa dipertemukan dengan Bulan Ramadan yang akan datang ya, Mas!"

Rekomendasi ucapan kali ini berasal dari Ayudia C atau akrab dikenal sebagai Ayudia Bing Slamet.

Ia mengatakan lebih suka jujur dan apa adanya dalam memberikan ucapan di Idulfitri 1444H agar sang penerima pesan bisa lebih tersentuh oleh makna yang ingin diberikan.

“Bagi aku, yang paling penting dari penyampaian sebuah pesan adalah penekanan makna dan maksud dari pesan tersebut. Hal ini karena kita ingin orang yang kita tuju tahu atas maksud dari pesan yang kita sampaikan," katanya.

Ucapan bagi sesama bapak-bapak ala bapak2ID

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo, Pak (…)! Selamat Hari Raya Idulfitri, semoga Allah menerima amal kita semua dan semoga Bapak dapat memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan saya. Aamiin. Terakhir saya mau minta tolong, Pak. Nanti makan2nya jangan heboh2, nanti leher Bapak kekonci stang,"

Ucapan ini berasal dari kreator konten bapak2ID yang terkenal lewat media sosial. Mereka membagikan tiga hal penting untuk menyiapkan ucapan Lebaran yang tepat bagi para bapak-bapak.

Dimulai dari ajakan memberikan pesan yang apa adanya, lalu yang kedua hindari penggunaan kata "jika.." agar lebih tulus, serta kirimkan ucapan yang tidak terlalu panjang agar efektif.


Ucapan sesuai KBBI

"Purna sudah puasa kita setelah sebulan penuh melalui Ramadan. Semoga segala amal kita diterima dan rahmatullah tercurah berlimpah kepada kita. Kini tiba saat merayakan hari kemenangan bersama kerabat dan sahabat. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita dapat berjumpa lagi pada Ramadan berikutnya."

Ide ini datang dari Ivan Lanin sosok yang dikenal karena kecintaannya pada Bahasa Indonesia.

Dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai KBBI saat memberikan ucapan Lebaran di tahun ini, harapannya pengirim pesan dan penerima bisa lebih memahami Bahasa Indonesia sesuai kaidahnya. Cara ini juga bisa menghangatkan hubungan keduanya.

Lebaran adalah rumah sebuah pengingat untuk pulang

"‘Selama masih ada rumah untuk pulang dan memulai segalanya’ seperti bulan Ramadan yang selalu mampu mempertemukan momen intim untuk perjumpaan keluarga dan memulai kembali kebersamaan yang mungkin banyak terlewat. Ada haru, iya. Tapi rasa syukurnya pasti selalu terjaga. Bulan penuh maaf baik lahir dan juga batin untuk kita semua! Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 H, semoga berkah serta niat kebaikan selalu mendekat pada kita dibulan yang siang dan malam harinya ini mulia ya!"

Kali ini ucapan Lebaran datang dari penyanyi dan penulis lagu Kunto Aji, ia mengungkapkan setiap ucapan penuh makna dapat dibuat asalkan pengirim pesan dapat memanfaatkan kedekatan dan momen indah bersama penerima pesan dalam komunikasinya.

"Hal penting ketika mengirimkan pesan Ramadan untuk keluarga dan teman-teman dekat bisa sepersonal mungkin agar tetap meaningful. Kita bisa mengekspresikan segala bentuk kejadian-kejadian atau momen menarik untuk dapat selalu dikenang," kata Kunto.

Kata maaf untuk Ibu berucap jujur dari hati

"Mam, maafin Chelo ya. Sering jarang di rumah, sering sibuk kerja, sering gak sempat makan di rumah padahal itu masakan paling enak di dunia. Selamat lebaran ya, semoga kita masih sempat rasain lebih banyak lebaran bersama."

Ucapan lebaran sederhana yang terakhir ini datang dari Penulis Marchella FP, ia memberikan rekomendasi untuk orang-orang yang ingin memberikan pesan penuh arti terkait lebaran untuk Ibu-nya.

“Menulis pesan Ramadan menurutku perlu kejujuran dari hati, tidak hanya formalitas dan duplikasi kata maaf yang rasanya jadi sama rata maknanya. Tidak selalu kata walau tangan tak sampai dan kalimat indah lainnya yang buat hati tersentuh. Kadang sekadar menyematkan nama yang dituju, berucap jujur tanpa fitur pengirim segaram otomatis, rasanya jauh lebih bermakna,” ungkap Marchella.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement