Advertisement

Mobil Hybrid Diharapkan Menjadi Alternatif Masa Transisi Energi

Anisatul Umah
Minggu, 25 Juni 2023 - 18:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Mobil Hybrid Diharapkan Menjadi Alternatif Masa Transisi Energi Model berdiri di depan All New Suzuki Swift Strong Hybrid. - Bisnis Indonesia/Yusran Yunus

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah terus mendorong transformasi industri otomotif dari kendaraan berbasis bahan bakar minyak (BBM) menjadi electric vehicle (EV). Mobil hybrid menjadi alternatif di masa transisi ini.

Marketing Division Head Nasmoco Group, Herybertus Budi mengatakan, pasar hybrid cukup besar. Menurutnya untuk Innova Zenix Hybrid yang diluncurkan sebelumnya indennya cukup panjang.

Advertisement

BACA JUGA: Kronologi Pimpinan Wagner Lakukan Pemberontakan kepada Putin

"Tapi alhamdulillah bulan ini sudah ada tambahan dan bulan depan sudah mulai banyak lah ya. Nanti hybrid bisa kita percepat nggak inden panjang. Animo hybrid saya gak ragu karena ini sudah mulai kelihatan demandnya Toyota hybrid sudah prove lah main cukup lama," ucapnya pekan lalu.

Meski jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) belum banyak namun kendaran full EV saat ini sudah ada. Tapi menurutnya kendaraan full EV lebih ke arah jangka panjang.

"Kami keluar EV, tapi jangka panjangnya dari government sendiri 2025 ke 2030 infrastruktur 2025 paling baru 20-25% baru naik bertahap 30-40% 2040 baru siap yang EV. Khusus hybrid ini sebenarnya gak perlu, kalau hybrid Toyota maka stepnya hybrid dulu transisi sambil siapkan infrastruktur nasional terpenuhi," paparnya.

Mobil hybrid ramai-ramai diluncurkan. Setelah sebelumnya meluncurkan All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama. Kini kembali menghadirkan mobil All-New Yaris Cross sebagai full Hybrid EV.

Selain Nasmoco, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga tak mau ketinggalan. SIS mengenalkan Suzuki XL7 Hybrid secara regional di DIY. Presiden Direktur Sumber Baru Mobil, Hendra Kurniawan mengatakan New XL7 Hybrid ini merupakan aktualisasi komitmen dari Suzuki yang berupaya memenuhi kebutuhan akan SUV ramah lingkungan.

"Keluarga Indonesia bisa segera merasakan pengalaman baru berpetualang bersama New XL7 Hybrid sekaligus berkontribusi positif terhadap lingkungan," katanya.

BACA JUGA: Pernah Melanggar Izin Keimigrasian Arab Saudi, 5 Calon Haji Dipulangkan ke Indonesia

Sebelumnya, General Manager PT Sumber Baru Mobil, Rizki Indriananta menyampaikan kendaraan listrik saat booming baru di kota besar seperti Jakarta. Khusus di DIY belum signifikan. Ditambah dengan kondisi geografis dan demografis yang naik turun banyak tanjakan.

"Kalau untuk mobil elektrik itu memang booming di kota besar seperti Jakarta," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement