Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

WhatsApp Desktop Versi Electron Resmi Ditutup

Afiffah Rahmah Nurdifa
Minggu, 02 Juli 2023 - 15:07 WIB
Jumali
WhatsApp Desktop Versi Electron Resmi Ditutup Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAWhatsapp Inc, resmi memadamkan akses aplikasi whatsapp desktop berbasis electron, untuk mendorong pengguna beralih ke aplikasi whatsapp versi desktop terbaru yang menawarkan akses lebih optimal tanpa gangguan.

BACA JUGA: Cara Bikin Stiker Statis dan Bergerak di Whatsapp

Advertisement

Dikutip dari AndroidPolice, Minggu (2/7/2023) pihak pengembang telah mengumumkan rencana penutupan permanen terhadap aplikasi dengan kerangka JavaScript Electron ini sejak 4 minggu lalu.

Mulanya, para pengembang menciptakan aplikasi whatsapp versi desktop menggunakan framework electron. Adapun, teknologi tersebut digunakan untuk berbagi kode dasar antara Whatsapp Web dan aplikasi desktop sehingga dapat bekerja lintas platform, Windows maupun macOS.

Bagi pengguna Whatsapp Desktop versi ini, Anda tidak lagi dapat mengakses dan jika membuka laman aplikasi tersebut maka akan muncul peringatan yang menegaskan bahwa aplikasi tersebut telah kadaluarsa.

Tak perlu khawatir, kini pengguna dapat mengunduh versi whatsapp desktop terbaru yang akan memberikan layanan lebih stabil dengan fitur perangkat yang lebih mumpuni dan dapat diunduh melalui Microsoft Store.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pemadaman whatsapp berbasis electron ini hanya berlaku pada Windows. Pasalnya, aplikasi terbarunya di Windows ini telah stabil sejak tahun lalu.

Di sisi lain, beberapa pengguna mengeluhkan masa transisi yang terlalu singkat. Mereka menilai aplikasi asli masih belum memiliki semua fungsi untuk pengguna bisnis, seperti manajemen katalog dan balasan cepat.

Namun, cepat atau lambat, transisi harus dilakukan untuk optimalisasi di Windows dan macOS sehingga menjadikan aplikasi versi desktop ini lebih intensif sumber daya, khususnya untuk mesin kelas bawah.

Sebagai perbandingan, aplikasi asli yang baru dioptimalkan untuk setiap OS desktop dan menawarkan stabilitas yang lebih besar sambil memonopoli lebih sedikit sumber daya sistem.

Selain itu, WABetaInfo berharap aplikasi terbaru ini akan segera mengembalikan utilitas WhatsApp Business yang hilang. Sebagai pengganti, pengguna dapat memanfaatkan fitur business melalui Whatapp Web.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Jakarta, Mentan Syahrul Limpo Langsung Temui Surya Paloh

News
| Kamis, 05 Oktober 2023, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Garrya Bianti, Resort Eksklusif Baru di Jogja yang Cocok untuk Healing Anda

Wisata
| Rabu, 04 Oktober 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement