Advertisement

Pegawai Negara di Rusia Dilarang Pakai iPhone dan iPad

Jumali
Senin, 17 Juli 2023 - 11:17 WIB
Jumali
Pegawai Negara di Rusia Dilarang Pakai iPhone dan iPad iPhone Kuning - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKOW—Layanan Keamanan Federal Rusia atau Federal Security Service melarang pegawai negara menggunakan produk Apple yakni iPhone dan iPad. Larangan ini dikelurkan karena Amerika dituding telah melakukan kegiatan spionase terhadap Rusia.

BACA JUGA: Tipe iPhone yang Sudah Tidak Bisa Digunakan untuk Whatsappan

Advertisement

Financial Times, Senin (17/7/2023) mengungkapkan, larangan tersebut direalisasi terkait adanya dugaan mata-mata yang dilakukan Amerika Serikat terhadap Rusia melalui produk-produk teknologi buatan Apple. Wacana tersebut sebenarnya sudah tersiar sejak beberapa bulan lalu hanya saja baru sekarang Federal Security Service Rusia melegalkannya jadi peraturan.

"Para pegawai negara harus mencari perangkat lain karena saat ini iPhone sudah dianggap tidak aman," tulis sumber dari Financial Times.

Larangan tersebut berlaku untuk semua lembaga kenegaraan di Rusia dengan seluruh pegawai Federal Security Service lebih dulu menjalankannya.

Sementara Apple Insider melaporkan pengamat teknologi Rusia, Andrey Soldatov menyatakan jika larangan tersebut dikeluarkan karena otoritas negara yang dipimpin Vladimir Putin itu percaya perangkat buatan Apple bisa digunakan untuk menyadap. Hanya saja dia meyakini larangan tersebut sepertinya akan mendapatkan perlawanan. Dia melihat nantinya para pegawai negeri di Rusia hanya menjalankan peraturan tersebut untuk kegiatan-kegiatan resmi. Sebaliknya untuk kebutuhan pribadi mereka akan tetap menggunakan iPhone dan iPad.

"Administrasi kepresidenan dan lembaga resmi lain sepertinya akan menantang karena mereka menyukai iPhone," ucap Andrey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement