Advertisement

Viral Gawai Berharga Murah, Jangan Mudah Tergiur, Simak Tips Ini Sebelum Beli

Newswire
Kamis, 28 Desember 2023 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Viral Gawai Berharga Murah, Jangan Mudah Tergiur, Simak Tips Ini Sebelum Beli Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jangan mudah tergiur ponsel atau gawai berharga murah. Bisa jadi gadget tersebut palsu atau barang tak dapat berfungsi maksimal. Berikut tips terhindar dari gawai yang tak berkualitas.

Ketua Hubungan Pemerintah Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI), Syaiful Hayat mengimbau masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan penjual gawai yang membanderol harga tidak wajar.

Advertisement

“Masyarakat kalau bisa jangan cepat mudah atau langsung percaya jika ada gadget yang memiliki harga tidak wajar, apalagi kalau produk Apple yang dijual dengan harga sangat murah sekali,” kata Syaiful Hayat seperti dikutip dari Antara, Kamis (28/12/2023).

Menurut dia, gadget dengan harga yang tidak wajar perlu dicurigai kualitas atau spesifikasinya. Menurut dia, harga yang tidak wajar itu akan memiliki efek yang tidak menyenangkan ketika konsumen memaksakan membeli gawai tersebut.

Baca Juga

Agar Terhindar dari Tipu atau Hoaks, Ini Cara Cek Gambar Palsu

Kredit Handphone Baru dengan Cicilan Jadi Celah Penipuan, Begini Kata Pakar

Masih Dijual di iBox, Daftar Harga iPhone SE Paling Murah

Efek negatifnya, ketika konsumen memaksakan membeli gawai yang dibanderol dengan harga jauh dari pasaran akan banyak aplikasi yang nantinya bermasalah. Bahkan, IOS atau android akan tidak berfungsi.

Dia juga menjelaskan gawai yang dijual dengan harga di bawah pasaran itu, memiliki sparepart yang tidak asli atau mengambil sparepart dari bongkaran gawai lainnya.

Syaiful Hayat menjelaskan lebih lanjut bahwa konsumen juga harus memperhatikan aspek perlindungan konsumen, garansi dan juga label Indonesia itu yang harus diperhatikan oleh calon konsumen.

Dia menuturkan penjual yang membanderol dengan harga diskon hingga 90% dari harga pasaran, calon pembeli wajib untuk mencurigai kondisi dan juga kualitas dari gawai tersebut.

“Harga selisih itu dari harga pasaran paling tidak 20 atau 30 persen, misal kalau ada yang jual harga gawai aslinya Rp10 juta itu konsumen dapat Rp7 juta itu masih wajar. Nah kalau harga 10 juta, dijual Rp1 juta itu patut dicurgai lah,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement