Advertisement

Kisah Donny Kristanto, Mantan Pembalap Drag yang Membuka Usaha Bengkel

Media Digital
Selasa, 27 Februari 2024 - 12:07 WIB
Maya Herawati
Kisah Donny Kristanto, Mantan Pembalap Drag yang Membuka Usaha Bengkel Suasana Yamaha Donnys Motor di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (24/2/2024). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

SALATIGA—Mantan pembalap drag bike, Theodorus Donny Kristanto Gunadi, menjadi pengusaha dealer dan bengkel. Pembalap nasional yang pernah berkompetisi di Thailand ini berbagi kiat membangun usaha dealer dan bengkel pada para peserta Touring Yamaha LEXi LX 155. Mereka berasal dari media massa, vlogger, blogger, sampai influencer DIY, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Setelah tidak begitu aktif sebagai pembalap, Donny fokus mengembangkan bengkelnya. Sebagai pembalap, dia juga membuka bengkel yang banyak menggarap motor-motor balap. Sekitar tahun 1998 sampai 2003, bengkel cenderung setengah umum. Meski masih menerima konsumen umum, namun dia lebih banyak mengurus motor-motor balap.

Advertisement

“Kamudian mendapat pemahaman, apabila bisnis bengkel tidak bisa kalau hanya untuk motor balap. Bengkel harus melayani semua konsumen, harus bisa melayani konsumen dari awal sampai akhir,” kata Donny saat ditemui di Yamaha Donny’s Motor, Tingkir, Salatiga, Sabtu (24/2/2024). “Kenal Yamaha, dan dapet banyak ilmu dan masukan gimana membangun bengkel atau dealer motor.”

BACA JUGA: Warga Sleman Diminta Memperkaya Pengetahuan tentang Mitigasi Bencana

Dalam perjalanannya, Yamaha terutama berbagi ilmu pada Donny tentang pentingnya etika bisnis. Setelah itu baru berupa fasilitas bengkel, perlengkapan, dan lainnya. Etika bisnis menjadi penekanan, lantaran itu menjadi nyawa suatu usaha. Meski bangunan besar dan fasilitas lengkap, apabila etika bisnisnya tidak maksimal, maka konsumen bisa pergi.

Melalui berbagai perbaikan dan evaluasi dari kekurangan sebelumnya, Donny bisa mengembangkan bengkel pertamanya. Bahkan kini dia sudah punya tiga dealer dan bengkel motor. Berbagai upgrade fasilitas menjadi caranya untuk menarik para konsumen.

“Kami juga jemput konsumen, meski waktu itu belum punya mobil pick-up. Diitung-itung mungkin untungnya dikit, tapi konsumen harus dikejar, bukan ditunggu,” katanya.

Salah satu dealer milik Donny bernama Yamaha Donny’s Motor di Tingkir, Salatiga. Bengkel ini menerima pembelian berbagai jenis produk Yamaha. Donny juga mampu memperbaiki berbagai jenis motor, mulai dari yang biasa sampai yang sport. Bahkan Yamaha Donny’s Motor menjadi salah satu bengkel rujukan di Jawa Tengah dan DIY. Banyak konsumen luar kota yang datang ke sini.

“Ada yang dari Jogja servis di sini,” katanya. “Tapi kami tidak hanya menerima perbaikan motor sport atau terbaru, kami juga merawat motor keluaran lama, justru saya beri ruang khusus untuk menghargai.”

Tidak hanya dealer dan bengkel, di Yamaha Donny’s Motor, ada belasan koleksi motor di lantai dua. Sebagai penghobi motor, Donny mengoleksi motor-motor lama dan unik. Total koleksi di tiga dealer milik Donny ada sekitar 29 motor. Semuanya dalam kondisi hidup dan normal.

“Saya kan jarang pergi, seneng lihat koleksi motor itu jadi enggak stress. Hiburan saya cuma itu. Misal pagi-pagi sebelum kerja, nyalain motor koleksi, digeber-geber dikit, abis itu udah seneng,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Butuh 14 Tahun Bersihkan Puing di Gaza Imbas Agresi Israel

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement