Advertisement

Cara Atasi Sinyal Wifi di Rumah Lemot Jadi Lebih Cepat

Redaksi
Kamis, 09 Mei 2024 - 14:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Cara Atasi Sinyal Wifi di Rumah Lemot Jadi Lebih Cepat Ilustrasi wifi. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jika sinyal WiFi di rumah Anda terasa mulai lemot, simak tulisan tentang solusinya berikut ini.

Koneksi WiFi yang kuat menjadi kebutuhan pokok bagi banyak rumah. Namun, seringkali sinyal internet WiFi di rumah lelet atau tidak stabil, menyebabkan frustrasi dalam menjalankan aktivitas online. Anda tidak harus langsung ganti router.

Advertisement

Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat membantu memperkuat sinyal WiFi di rumah Anda dikutip dari Bisnis.com, memastikan koneksi yang lebih stabil dan lebih cepat untuk semua perangkat Anda.

BACA JUGA: Restoran Jepang Picu Kontroversi karena Tawarkan Menu Baru Telur Gurita Mentah

  1. Pindahkan lokasi modem

Lokasi dari modem WiFi Anda secara signifikan memengaruhi kekuatan sinyalnya. Tempatkan modem tersebut di tempat yang tinggi dari tanah dengan ruang terbuka dan sedikit halangan.

Tidak direkomendasikan untuk menempatkan modem Anda di lantai. Jika Anda tinggal di rumah bertingkat, idealnya letakkan modem Anda di lantai kedua jauh dari beton atau bata. Semakin padat barang di sekitar modem Anda, semakin tinggi kehilangan sinyalnya.

  1. Perbarui router

Sebagai informasi, router adalah perangkat yang terhubung dengan modem yang disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda. Perangkat ini mengarahkan akses internet ke seluruh rumah Anda, membuatnya tersedia secara nirkabel untuk perangkat seperti laptop, telepon, dan TV Anda.

Jika Anda secara konsisten mendapatkan kecepatan broadband yang buruk, atau jika Anda terus mengalami masalah koneksi, maka kemungkinan penyebabnya adalah router yang lama dan usang.

Jika Anda telah menjadi pelanggan penyedia layanan internet (ISP) untuk waktu yang lama, maka pelanggan baru mungkin mendapatkan router yang lebih baik daripada yang Anda gunakan saat ini. Router lama yang disediakan oleh penyedia broadband Anda mungkin tidak memiliki kekuatan atau jangkauan nirkabel seperti model-model baru.

Misalnya, jika Anda baru saja membeli laptop baru, kemungkinan besar mendukung standar nirkabel AC terbaru, sementara router Anda mungkin hanya mendukung standar nirkabel N yang lebih lama. Ini berarti router Anda tidak akan memberikan kecepatan nirkabel yang lebih cepat dan cakupan yang lebih luas yang ditawarkan oleh standar nirkabel AC yang baru.

  1. Ubah frekuensi WiFi

Mengubah modem Anda dari frekuensi 2.4 GHz ke frekuensi 5 GHz akan meningkatkan kecepatan internet, menghasilkan lebih banyak bandwidth dan mengurangi gangguan. Kemungkinan, router Anda akan berada pada pita 2.4Ghz secara manual. Ubah ke pita 5Ghz, simpan, dan keluar, dan lihat apakah ini membuat perbedaan.

5Ghz umumnya menawarkan kecepatan yang lebih cepat, tetapi kekurangannya adalah bahwa tidak sejauh atau sekuat dalam menembus halangan seperti 2.4Ghz. Jadi, Anda mungkin menemukan bahwa kecepatan dan kinerja meningkat di beberapa area rumah Anda, tetapi tidak di area lain. Jika Anda masih mengalami masalah, tanyakan kepada tetangga Anda kanal WiFi mana yang mereka gunakan, dan pilih yang berbeda.

  1. Ganti Kata Sandi Secara Berkala dan Perkuat Kata Sandi

Jika tidak memperkuat kata sandi WiFi, mungkin akan ada orang yang tidak diundang masuk ke jaringan Anda dan menghabiskan bandwidth Anda Semakin banyak pengguna atau perangkat di jaringan WiFi Anda, semakin lambat kecepatan WiFi Anda, jadi pastikan Anda memiliki kata sandi yang kuat untuk mencegah penyusup.

BACA JUGA: Dampak Akun Blibli, Tiket.com, & Ranch yang Bakal Digabung

  1. Perbarui firmware Router

Firmware router Anda merupakan perangkat lunak yang tertanam dalam router Anda untuk membantu operasinya. Hal ini bisa mempengaruhi sinyal WiFi Anda.

Anda dapat memeriksa jika pembaruan tersedia dengan mengakses pengaturan WiFi menggunakan browser web Anda dan alamat IP router Anda. Ini adalah tempat yang sama di mana Anda awalnya mengatur modem/router dan kredensial login, dan instruksi spesifik untuk merek dan model router Anda harus disertakan dalam kotak produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

News
| Senin, 27 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement