Advertisement

Ericsson Fokus Dorong Produk 5G dan Persiapkan 6G pada 2030

Rahmad Fauzan
Senin, 27 Mei 2024 - 20:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ericsson Fokus Dorong Produk 5G dan Persiapkan 6G pada 2030 Ericsson. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ericsson masih berusaha untuk mendorong produk 4G dan 5G hingga enam tahun ke depan. Adapun 2030, perusahaan ini meramalkan teknologi 6G akan hadir di Tanah Air.

Head of Ericsson Indonesia Krishna Patil mengatakan perusahaan asal Swedia tersebut telah mengkaji pengalaman implementasi jaringan 5G dan masukan konsumen sebagai sumber data penelaahan untuk 6G. Penelitian dan pengembangan 6G dilakukan dengan memanfaatkan pembelajaran dari penerapan 5G.

Advertisement

"Masukan pengguna dapat menjadi acuan penting untuk penelitian, standardisasi, dan pengembangan pada masa depan,” kata Patil dikutip dari Bisnis.com, Senin (27/5/2024). Diperkirakan, jaringan 6G tampil pertama kali di tengah publik pada 2030, atau sekitar 10 tahun sejak pendahulunya 5G perdana diluncurkan. Nantinya, kata Patil, 6G hadir dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin canggih untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menghendaki perluasan kemampuan jaringan telekomunikasi.

Baca Juga

Ericsson Akan PHK 8.500 Karyawan

Tahun 2027, Jaringan 5G Akan Kuasai 46 persen di Asia Tenggara dan Oseania

Jaringan 5G di Bandara dan Arena Lelet, Bye ..

“Pada saat itu, masyarakat sudah terbiasa dengan 5G dan berbagai kebutuhan serta layanan baru pun akan muncul. Meskipun 5G memiliki fleksibilitas yang tinggi, perluasan kemampuan baru akan tetap diperlukan,” jelasnya.

Kendati demikian, sambung patil, tahap penelitian 6G yang dilakukan perusahaan masih di tahap awal, sehingga terlalu dini untuk menyimpulkan dampak 6G terhadap 5G. Dia menambahkan, kehadiran jaringan 6G bertujuan memberikan kecerdasan, konsistensi konektivitas, serta sinkronisasi penuh terhadap situasi yang sedang berkembang.

Namun, kata Patil, fokus utama Ericsson masih memaksimalkan potensi jaringan 4G sembari mempersiapkan 5G dengan penerapan secara menyeluruh. Untuk sementara waktu, sambungnya, Ericsson sepakat jaringan 5G merupakan infrastruktur nasional yang penting dan akan mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia dan memastikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. “Oleh karena itu, kami bersama operator terkemuka di Indonesia dan pemerintah akan memastikan Indonesia dapat memperoleh manfaat penuh dari teknologi dan inovasi terbaru,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gadai Emas 3,5 Gram di Pegadaian Bisa Langsung Daftar Haji

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement