Advertisement

Elon Musk Siapkan Antena Mini Starlink, Harga Lebih Murah dan Bisa Masuk Ransel

Rika Anggraeni
Selasa, 18 Juni 2024 - 15:57 WIB
Sunartono
Elon Musk Siapkan Antena Mini Starlink, Harga Lebih Murah dan Bisa Masuk Ransel Ilustrasi Starlink.Starlink - SpaceX

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—CEO X dan SpaceX, Elon Musk akan meluncurkan Starlink Mini dalam beberapa bulan ke depan. Starlink Mini hadir dengan ukuran seperti tablet, yakni 11.4 inci x 9.8 inci. Diprediksi lebih murah dan muat di ransel.

Dilansir dari PCMag, Selasa (18/6/2024), perusahaan merilis pembaruan pada aplikasi Starlink, yang kabarnya menyertakan halaman untuk produk yang akan datang. Seorang insinyur di Ukraina Oleg Kutkov dalam cuitan di platform X mengatakan dia dapat mendekompilasi pembaruan untuk menemukan gambar resmi antena Starlink Mini.

Advertisement

BACA JUGA : Indosat Buka Peluang Kolaborasi dengan Semua Pihak, Termasuk Starlink Indonesia

Gambar tersebut mengonfirmasi bahwa model Starlink Mini akan menjadi versi yang lebih kecil dan lebih portabel dari antena parabola Starlink standar V4 saat ini. Kedua perangkat memiliki fitur kick stand. Namun, Mini Dish seharusnya seukuran Apple MacBook, menurut dokumen FCC.

Elon Musk ikut mengomentari gambar tersebut dan mengklaim dirinya sudah menggunakan perangkat Starlink Mini melalui luar angkasa. Bahkan, dia juga menyebut Starlink versi mini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam ransel.

“Butuh waktu kurang dari 5 menit. Mudah dibawa dalam ransel. Produk ini akan mengubah dunia,” tulis Elon Musk dalam akun X miliknya.

Musk juga mengungkapkan antena parabola Starlink Mini akan dibanderol sekitar setengah harga antena parabola standar. Di Amerika Serikat (AS), SpaceX mematok harga perangkat keras standar V4 Starlink seharga US$499 atau sekitar Rp8,18 juta (kurs Rp16.406 per dolar AS).

Dengan demikain, perangkat Starlink Mini bisa dibanderol sekitar US$250 atau sekitar Rp4,1 juta. Adapun jika perangkat Starlink Mini ini meluas ke Indonesia, maka setidaknya bisa dikenakan seharga Rp2,95 juta, dari harga aslinya senilai Rp5,9 juta.

BACA JUGA : Elon Musk: Pengacak Sinyal Rusia Ganggu Layanan Internet Starlink

Elon Musk menggambarkan sekilas Starlink Mini lewat unggahan skor tes kecepatan menunjukkan antena Starlink Mini-nya menawarkan kecepatan unduh 100Mbps dan kecepatan unggah 11,5Mbps, serta latensi relatif rendah 23 milidetik (ms). Artinya, antena Mini Starlink akan menawarkan kecepatan pengunduhan lebih lambat dibandingkan antena Starlink biasa, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan internet sehari-hari, termasuk streaming 4K.

“Mini [Starlink] dapat menjadi pilihan berbiaya rendah yang bagus untuk koneksi internet cadangan yang baik jika telepon rumah padam,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Desa di Brebes Korupsi Dana Desa untuk Main Judi Online

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement