Advertisement

Penjualan Mobil Listrik BEV Samai HEV untuk Pertama Kalinya

Kahfi
Selasa, 20 September 2022 - 00:37 WIB
Sirojul Khafid
Penjualan Mobil Listrik BEV Samai HEV untuk Pertama Kalinya Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. - Wuling

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penjualan mobil listrik domestik sepanjang Januari-Agustus tahun ini mencapai 3.285 unit. Angka ini naik 48,84 persen dibandingkan 2.207 unit pada periode sama tahun lalu.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil berteknologi listrik yang terdiri dari battery electric vehicle (BEV), hybrid electric vehicle (HEV), dan plug in hybrid (PHEV) menorehkan rekor terbaru yakni peningkatan pesat penjualan BEV.

Advertisement

Sebelumnya, sejak 2020, penjualan mobil listrik selalu didominasi segmen model HEV. Sedangkan model BEV, terlebih lagi PHEV jauh tertinggal. Pada tahun ini, model BEV berhasil melangkah lebih jauh dengan menyamai volume penjualan HEV.

Hingga Agustus tahun ini, sebanyak 1.635 unit BEV berhasil dilego. Realisasi penjualan itupun meningkat hingga 200 persen dibandingkan 545 unit pada periode sama tahun lalu.

BACA JUGA: Ini Tugas Tiap Kementerian untuk Muluskan Program Penggunaan Kendaraan Listrik

Sebaliknya, sebanyak 1.640 unit HEV terjual pada periode Januari-Agustus tahun ini. Kinerja itu meningkat 0,80 persen dibandingkan 1.627 unit realisasi pada periode sama tahun lalu.

Terdongkraknya penjualan model BEV seiring dengan kehadiran model baru dari SGMW, yaitu Wuling Air ev. Model mobil listrik mini yang baru diperkenalkan pada ajang GIIAS 2022 lalu itu berhasil mengemas penjualan sebanyak 821 unit dari dua varian model.

Berkat koleksi penjualan itu, Wuling Air ev menyalip posisi Hyundai Ioniq 5 yang sebelumnya merupakan model paling laris segmen BEV. Selama Januari sampai Agustus tahun ini, tercatat sebanyak 686 unit Ioniq 5 terjual.

Di sisi lain, data ini berstatus pengiriman dari pabrik hingga ke diler. Pertumbuhan BEV ke depan berpotensi didorong pemerintah dengan penerbitan aturan penggunaan mobil operasional berteknologi listrik.

BACA JUGA: CB150X Hangout Nite Ajak Komunitas Nikmati Akhir Pekan di Kawasan Urban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement