Advertisement

Apple Dikabarkan Batalkan Produksi Ponsel Murah iPhone SE

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 09 Januari 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
Apple Dikabarkan Batalkan Produksi Ponsel Murah iPhone SE iPhone SE 2022 - Apple

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat, dikabarkan batal merilis iPhone SE generasi keempat pada tahun depan. Sebelumnya, perusahaan Steve Jobs tersebut dikabarkan akan menunda perilisan ponsel termurah iPhone. Akan tetapi, analis kini meyakini Apple akan membatalkan peluncuran iPhone SE tersebut.  

Dilansir dari GSMArena dan MacRumors, Senin (9/1/2023), Apple biasanya merilis ponsel termurahnya setiap 2 tahun sekali. Pada 2022, Apple telah merilis iPhone SE sehingga jadwal perilisan selanjutnya seharusnya pada 2024. Namun, Analis Apple Ming Chi Kuo menilai Apple tidak akan merilis lagi ponsel tersebut. 

Advertisement

BACA JUGA : Produk Apple yang Ditunggu di 2022

Kuo mengatakan, Apple telah menginstruksikan mitra rantai pasokannya bahwa rencana produksi dan pengiriman iPhone SE 2024 telah dibatalkan, bukan ditunda. Penghentian produksi ini pun sejalan dengan rencana Apple untuk pengembangan chip 5G secara internal.

Kuo juga mengatakan, seharusnya Apple akan memakai chip 5G ini terhadap iPhone SE seri 4.  Apple ingin menggunakan perangkat itu sebagai semacam kelinci percobaan, jika terjadi kesalahan setidaknya Apple melakukannya pada smartphone termurah yang dijualnya.

"Bukan salah satu model yang lebih mahal.  Jika semuanya berjalan dengan baik, maka chip tersebut mungkin akan menemukan jalannya ke seri iPhone 16 pada tahun 2024 nanti," ujar Kuo

Namun, dengan adanya pembatalan iPhone SE 2024, masih ada kekhawatiran tentang apakah kinerja chip 5G Apple sendiri akan setara dengan Qualcomm. Adapun, dengan kekhawatiran tersebut, peluang Qualcomm memasok chip 5G untuk generasi iPhone 16 meningkat secara signifikan.

BACA JUGA : Apple akan Rombak Desain iPhone 15

Sebagaimana diketahui, i untuk chip 5G, Apple mengandalkan kemitraan dengan Qualcomm. Terlihat pada chip yang digunakan untuk iPhone SE generasi ketiga yang dirilis Maret 2022 menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X57 untuk 5G.

Lalu, untuk seri selanjutnya diperkirakan iPhone 15 akan menggunakan modem Snapdragon X70, sedangkan model iPhone 16 mungkin menggunakan Snapdragon X75 yang saat ini belum dirilis.  

Alhasil, dengan Apple yang masih menggunakan Qualcomm, produsen chipset ini diperkirakan akan terus mendominasi pasar chip 5G seluler kelas atas global tahun ini dan tahun depan, menghasilkan margin keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada beberapa pesaingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Petani di Kulonprogo Tewas Tertabrak Kereta Api Bogowonto

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement