Advertisement

Android 14 Akan Blokir Deretan Aplikasi Lama

Jumali
Rabu, 25 Januari 2023 - 12:47 WIB
Jumali
Android 14 Akan Blokir Deretan Aplikasi Lama Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAAndroid 14 dipastikan mulai melakukan blokir penginstalan aplikasi versi Android lama. Ini dilakukan untuk mengurangi potensi malware.

BACA JUGA: Google Hapus Semua Aplikasi Populer pada Ponsel Lama

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Selama bertahun-tahun, pedoman untuk Google Play Store telah memastikan bahwa pengembang Android terus memperbarui aplikasi mereka untuk menggunakan fitur terbaru dan tindakan keamanan platform Android.

Baru bulan ini, pedoman tersebut diperbarui, yang mengharuskan aplikasi Play Store yang baru terdaftar untuk menargetkan minimal Android 12.

Hingga saat ini, persyaratan level API minimum ini hanya berlaku untuk aplikasi yang ditujukan untuk Google Play Store. Jika pengembang ingin membuat aplikasi untuk versi yang lebih lama, mereka dapat melakukannya dan cukup meminta penggunanya untuk melakukan sideload file APK secara manual. Demikian pula, jika aplikasi Android belum diperbarui sejak pedoman diubah, Play Store akan terus menyajikan aplikasi tersebut kepada mereka yang telah menginstalnya sebelumnya.

Menurut perubahan kode yang baru diposting, Android 14 diatur untuk memperketat persyaratan API, sepenuhnya memblokir pemasangan aplikasi yang sudah usang. Perubahan ini akan memblokir pengguna dari sideloading file APK tertentu dan juga memblokir app store dari menginstal aplikasi yang sama.

Awalnya, perangkat Android 14 hanya akan memblokir aplikasi yang menargetkan terutama versi Android lama. Namun seiring waktu, rencananya adalah untuk meningkatkan ambang batas ke Android 6.0 (Marshmallow), dengan Google memiliki mekanisme untuk "semakin meningkatkannya".

"Kemungkinan masih tergantung pada masing-masing pembuat perangkat untuk memutuskan ambang batas untuk aplikasi usang atau apakah akan mengaktifkannya sama sekali," tulis Google, dikutip dari 9to5google, Rabu (25/1/2023),

Jika pemberlakuan versi SDK minimum yang dapat diinstal diaktifkan, blokir penginstalan aplikasi menggunakan versi SDK target yang lebih rendah dari yang diperlukan.

Ini membantu meningkatkan keamanan dan privasi karena malware dapat menargetkan versi SDK yang lebih lama untuk menghindari pemberlakuan perilaku API baru. Dengan memblokir aplikasi usang ini, Google bermaksud mengekang penyebaran aplikasi malware di Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banyak Kantor dan Ruko Kosong Dijual di Jakarta

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement