Advertisement

Demi Tangkal Hawa Panas, Produsen Ini Buat Jaket yang Dipasangi Kipas Angin

Lajeng Padmaratri
Senin, 21 Agustus 2023 - 15:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Demi Tangkal Hawa Panas, Produsen Ini Buat Jaket yang Dipasangi Kipas Angin Perusahaan di Jepang memproduksi jaket dengan kipas angin built-in. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Jepang punya segudang inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan sehari-hari. Di tengah cuaca panas yang melanda saat ini, produsen di sana membuat jaket yang dipasangi kipas angin built-in.

Jepang seperti negara lainnya yang mengalami musim panas yang semakin panas. Pada bulan Juli kemarin saja menjadi Juli yang paling hangat dalam 100 tahun terakhir di Jepang.

Advertisement

BACA JUGA: Cuaca Jogja Diprediksi Panas Seharian, Jangan Lupa Pakai Sunblock Lur

Melansir Japan Today, sepanjang tahun ini sedikitnya 53 orang di Jepang meninggal karena sengatan panas dan hampir 50.000 membutuhkan perhatian medis darurat.

Untuk mengatasi hawa panas, produsen Workman yang membuat pakaian untuk pekerja konstruksi, meluncurkan versi jaket dengan kipas angin. Desain ini telah diadaptasi untuk jalan raya sejak tahun 2020 seiring meningkatnya permintaan.

Mekanismenya sederhana, ada dua kipas elektrik seukuran telapak tangan yang dipasang di bagian belakang jaket. Kipas itu ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang  Mereka menarik udara untuk kemudian mengirimkan angin sepoi-sepoi dengan kecepatan bervariasi ke tubuh pemakainya.

Jaket dijual seharga 12.000 hingga 24.000 yen atau sekitar Rp1,2 juta hingga Rp2,5 juta per helai.

"Saat cuaca semakin panas, orang-orang yang belum pernah mengenakan pakaian yang dilengkapi kipas sebelumnya ingin mencari cara untuk mendinginkan diri, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membelinya," kata juru bicara Workman Yuya Suzuki kepada AFP.

“Sama seperti kamu merasa sejuk saat berada di rumah dengan kipas angin, kamu juga akan merasa sejuk hanya dengan memakai jaket ini karena angin bertiup ke seluruh tubuhmu sepanjang waktu,” katanya.

BACA JUGA: 8 Orang Meninggal karena Gelombang Panas Ekstrem di Meksiko

Musim panas di Jepang dikenal panas dan lembap, tapi Juli ini Tokyo benar-benar berkeringat. Suhu rata-rata adalah 28,7 Celcius, rekor tertinggi sejak 1875.

Heatstroke sangat mematikan di Jepang, yang memiliki populasi tertua kedua di dunia setelah Monako. Lebih dari 80 persen kematian terkait panas dalam lima tahun terakhir terjadi di antara warga lanjut usia.

Tak hanya jaket dengan kipas angin built-in, produsen setempat juga membuat tabung pendingin leher terutama untuk pekerja pabrik dan gudang.

Nozomi Takai dari MI Creations, perusahaan yang menjual tabung pendingin leher itu menuturkan bahwa setiap orang di Jepang semakin berupaya melawan sengatan panas setiap tahun. Salah satunya dengan inovasi yang ia tawarkan.

Mengenakan tabung pendingin di leher akan "sangat mendinginkan seluruh tubuh" selama sekitar satu jam, kata Takai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Japan Today

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dokumen VLR Dipakai untuk Sebarluaskan SDGs IKN

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement