Advertisement

Tentang Keamanan Data, Instagram Bantah Bagikan Lokasi ke Pengguna

Rahmi Yati
Selasa, 30 Agustus 2022 - 08:17 WIB
Sirojul Khafid
Tentang Keamanan Data, Instagram Bantah Bagikan Lokasi ke Pengguna Logo Instagram - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—CEO Instagram Adam Mosseri dan tim media sosial Instagram membantah klaim bahwa aplikasi mereka melacak data lokasi dan membagikannya dengan pengikut mereka.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (29/8/2022), hal ini berawal dari sebuah postingan yang viral dan mengeklaim bahwa pembaruan iOS mengizinkan orang lain menemukan lokasi seseorang melalui aplikasi Instagram.

Advertisement

Alhasil, banyak orang kemudian masuk ke pengaturan aplikasi Instagram di ponsel mereka dan menonaktifkan izin lokasi untuk aplikasi tersebut.

Menanggapi hal itu, Mosseri mengatakan perangkat ponsel memiliki pengaturan menyalakan lokasi. Instagram juga menggunakan lokasi sudah sejak lama untuk fitur-fitur seperti penanda lokasi (location tag).

BACA JUGA: Samsung dan Yayasan Bill Gates Kembangkan Toilet Aman

"Lokasi perangkat Instagram memperkuat fitur tag lokasi tetapi aplikasi tidak akan membagikan lokasi pengguna dengan orang lain," katanya.

Lebih lanjut, dia menyebut bila pengguna khawatir aplikasi akan menggunakan atau membagikan lokasi, pengguna harus menonaktifkannya dari pengaturan aplikasi di perangkat.

Sebab, baik iOS dan Android juga menawarkan opsi untuk membagikan perkiraan lokasi (bukan titik yang tepat), dan keduanya dapat merekam log riwayat aplikasi mana yang mengakses data lokasi.

"Pengguna bisa menyalakan atau mematikan lokasi langsung dari ponsel, baik perangkat iOS maupun Android. Penanda lokasi pada unggahan di Instagram juga bersifat pilihan," imbuhnya.

BACA JUGA: Xiaomi Pecat 900 Karyawan, Harta Pendirinya Berkurang Rp124 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekjen PDIP Berterima Kasih kepada Rakyat karena Kembali Menangi Pileg 2024

News
| Senin, 22 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement