Advertisement

Honda Tekankan Keamanan Berkendara saat Mudik, Simak Tips Ini

Media Digital
Jum'at, 07 April 2023 - 22:00 WIB
Maya Herawati
Honda Tekankan Keamanan Berkendara saat Mudik, Simak Tips Ini Pengendara sepeda motor saat melintas di jalan sempit. Honda menekankan agar pengendara selalu mengutamakan keselamatan saat mudik Lebaran 2023. (ist - Honda)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mudik menjadi salah satu tradisi yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idulfitri. Beragam moda transportasi digunakan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman termasuk di dalamnya sepeda motor Honda. Mendukung keselamatan dan kenyamanan pemudik, tim instruktur safety riding Astra Motor Yogyakarta berbagi tips aman mudik menggunakan sepeda motor:

  1. Pengecekan sepeda motor

Lakukan pengecekan secara mandiri kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan mudik. Tiga hal utama yang wajib dilakukan pengecekan di sepeda motor antara lain adalah kondisi ban, rem depan dan belakang, serta kelistrikan dan pencahayaan. Selain itu ada baiknya bawa sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel resmi AHASS untuk dilakukan safety check oleh mekanik berpengalaman.

Advertisement

  1. Perhatikan barang bawaan

Saat mudik atau setelah mudik biasanya pengendara akan membawa barang seperti oleh-oleh dan perlengkapan pribadi. Hal ini diperbolehkan asal barang yang dibawa tidak melebihi lebar badan motor (jalu setang kemudi) dan ketinggian motor (helm yang kita gunakan). Apabila membawa barang yang banyak sebaiknya gunakanlah box tambahan dan tentu juga masih tetap harus memperhatikan dimensinya.

  1. Sesuaikan kapasitas pengendara sepeda motor

Sepeda motor didesain hanya untuk dua orang yaitu pengendara dan pembonceng. Namun banyak pemudik yang seakan tidak begitu peduli mengenai hal itu. Meskipun efisiensi secara biaya dan waktu, namun hal ini sangat berbahaya karena pengendara tidak akan nyaman dalam berkendara dan pengendalian sepeda motor tersebut. Sangat direkomendasikan satu sepeda motor hanya digunakan maksimal oleh dua orang.

  1. Perhatikan kondisi tubuh

Sebelum mudik sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen tambahan serta istirahat dengan cukup. Hal ini untuk membantu fokus dan konsentrasi dalam berkendara. Saat menempuh perjalanan mudik, setiap dua jam sekali pengendara wajib beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

  1. Pilih waktu perjalanan mudik

Pilihlah waktu untuk mudik di sore hari karena Sebagian besar pelaku mudik masih dalam kondisi berpuasa. Selain cuaca tidak terlalu panas dan jalanan di luar kota juga masih relatif ramai. Hindari perjalanan di malam hari khususnya untuk area-area yang terpencil dan kurang dikenal dengan baik untuk menghindari kejahatan di malam hari.

  1. Perencanaan rute mudik

Pemilihan rute perjalanan mudik juga sangat penting karena berhubungan dengan efektivitas waktu dan keselamatan. Kita bisa mencari informasi berkaitan dengan jalan atau daerah yang akan kita lalui agar kita bisa lebih waspada dalam berkendara. Gunakan GPS jika memang diperlukan.

“Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menempuh perjalanan ke kampung halaman. Bertemu keluarga dan sanak saudara adalah hal yang sangat dinantikan. Jangan sampai kecelakaan di jalan raya menjadi penghambat momen spesial ini. Mari tetap #Cari_aman saat berkendara menuju kampung halaman,” kata Community Development & Safety Riding Supervisor Muhammad Ali Iqbal, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (7/4/2023). (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement