Advertisement

Baru 14 Detik Dinyalakan, Mesin Roket Raptor SpaceX Meledak Saat Uji Coba

Muhammad Diva Farel Ramadhan
Senin, 27 Mei 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Baru 14 Detik Dinyalakan, Mesin Roket Raptor SpaceX Meledak Saat Uji Coba Mesin roket Raptor milik SpaceX meledak saat uji coba di fasilitas pengujian roket, Kamis (23/5 - 2024) sekitar pukul 16:15 waktu setempat. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mesin roket Raptor milik SpaceX meledak saat uji coba di fasilitas pengujian roket, Kamis (23/5/2024) sekitar pukul 16:15 waktu setempat. Uji coba tersebut terjadi di Fasilitas Pengembangan dan Pengujian Roket SpaceX di McGregor, Texas, Amerika Serikat.

Mesin Raptor mati sekitar 14 detik setelah dinyalakan. Setelah mesin mati, uap terus melayang dan menghilang di bawah mesin, tetapi kemudian muncul api kecil di bagian bawah tempat pengujian.

Advertisement

Api tersebut semakin membesar dan merambat ke atas, berujung pada bola api raksasa yang melahap seluruh menara. Insiden tersebut pertama kali terekam dari siaran langsung NASASpaceflight di YouTube milik mereka. Menurut NASASpaceflight, mesin mengalami anomali yang menyebabkan uap merembes keluar dan memicu ledakan. Hingga kini, SpaceX belum secara resmi membahas apa yang terjadi selama pengujian tersebut. Melansir dari Gizmodo Senin (27/05/2024), ledakan ini bisa disebabkan oleh pencampuran gas akibat kebocoran.

SpaceX saat ini sedang menguji mesin Raptor 2, yang menampilkan peningkatan kinerja, efisiensi lebih tinggi, dan keandalan lebih besar dibandingkan pendahulunya. Mesin roket yang akan dipasang pada Falcon 9, Starship Super Heavy, atau Starship, akan menjalani pengujian kualifikasi di fasilitas SpaceX di McGregor, Texas. Jenis mesin roket dapat dibedakan berdasarkan knalpotnya. Knalpot mesin Merlin, yang digunakan pada Falcon Heavy, berwarna oranye, sedangkan knalpot mesin Raptor lebih bersih dan berwarna biru.

Baca Juga

Starlink Beroperasi di Indonesia, Pakar Ingatkan Pemerintah soal Resiko yang Bisa Muncul

Elon Musk: Pengacak Sinyal Rusia Ganggu Layanan Internet Starlink

Starlink Banting Harga, Ini Pendapat Menkominfo

Raptor merupakan desain baru yang dibuat khusus untuk Starship yang menggunakan metana sebagai bahan bakar. Mesin ini dirancang cukup kuat untuk mengirim Starship ke Bulan dan Mars. SpaceX saat ini sedang bersiap untuk uji terbang keempat Starship, yang dijadwalkan pada 5 Juni, dengan catatan bahwa peluncuran ini menunggu pada persetujuan peraturan dan kondisi cuaca yang baik. Ledakan ini diperkirakan tidak akan mempengaruhi jadwal tersebut.

Uji terbang keempat ini bertujuan memastikan pendaratan mulus booster Super Heavy di Teluk Meksiko serta pengendalian yang baik saat memasukkan pesawat ruang angkasa Starship. SpaceX menyatakan telah melakukan berbagai peningkatan pada perangkat keras dan perangkat lunak berdasarkan pelajaran yang diperoleh dari uji penerbangan ketiga. Pada uji sebelumnya, bagian atas Starship berhasil mencapai luar angkasa, namun terbakar saat kembali memasuki atmosfer, sementara booster Super Heavy pecah pada tahap akhir penurunannya dan gagal mendarat dengan lembut di laut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gadai Emas 3,5 Gram di Pegadaian Bisa Langsung Daftar Haji

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement