Advertisement

Kemenkominfo Beri Tiga Syarat Ini untuk Starlink dan Elon Musk

Rika Anggraeni
Jum'at, 07 Juni 2024 - 18:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kemenkominfo Beri Tiga Syarat Ini untuk Starlink dan Elon Musk Ilustrasi Starlink.Starlink - SpaceX

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta Elon Musk untuk memenuhi tiga syarat dengan beroperasinya PT Starlink Services Indonesia. Salah satunya adalah membangun kantor fisik PT Starlink Services Indonesia, bukan hanya virtual.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan selama beroperasi di Indonesia, Starlink Services Indonesia harus memenuhi tiga hal. Pertama, Starlink harus memiliki kantor operasional atau Network Operation Center (NOC). Kedua, satelit milik Elon Musk haru memiliki kantor untuk melayani pelanggan (customer service). Serta yang ketiga adalah membayar pajak.

Advertisement

Meski demikian, Usman mengaku bahwa dirinya belum mengetahui apakah Starlink Services Indonesia sudah memiliki kantor fisik di Indonesia. Namun yang pasti, Usman menjelaskan bahwa Starlink harus memiliki kantor fisik selama beroperasi di Tanah Air. “Itu yang kita minta [kantor fisik], mereka harus punya. Saya juga nggak tau, kalau memang [kantor Starlink] di BEI [Bursa Efek Indonesia] bisa saja, sekarang kan zamannya teknologi, tetapi kan sebaiknya [kantor] fisik supaya orang bisa datang bisa,” kata Usman kepada Bisnis.com, Rabu (5/6/2024).

Menurut Usman, jika Starlink Services Indonesia memiliki kantor fisik maka memudahkan pelanggan jika terjadi keluhan. “Saya belum tahu apakah dia sudah berkantor atau belum. Mestinya kan sudah berkantor, sudah punya kantor,” imbuhnya.

Usman menambahkan dirinya juga belum mengetahui apakah diperbolehkan Starlink memiliki kantor fisik atau hanya sekadar kantor virtual. “Atau sedang dalam proses untuk punya kantor fisik, bisa saja seperti itu,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa layanan internet berbasis Starlink milik Elon Musk itu telah sepakat untuk membuka kantor di Tanah Air. “Kantornya katanya di [Gedung] Bursa Efek Indonesia, biar nanti tim kami monitoring terus, evaluasi terus,” kata Budi saat ditemui di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Baca Juga

Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Elon Musk

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

Starlink Banting Harga, Ini Pendapat Menkominfo

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia juga telah menelusuri kantor Starlink Services Indonesia yang beralamat di Tower I lantai 27, tepatnya di nomor 2703 dengan nama ntor PT Erakonsultindo Yadhikarya Indonesia. Seorang lelaki berusia sekitar 30 tahun membenarkan bahwa Starlink Indonesia memiliki alamat kantor yang sama dengan PT Erakonsultindo Yadhikarya Indonesia. Namun, hanya sebatas kantor virtual. “Starlink menggunakan alamat Erakonsultan, tetapi secara legalnya benar disebutkan bahwa alamat di sini, nggak masalah,” kata sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada Bisnis, Selasa (4/6/2024).

Menurutnya, alamat virtual yang sama dengan nama penyewa merupakan hal normal dalam dunia bisnis untuk memenuhi persyaratan legal. “Itu untuk memenuhi persyaratan legal. Itu normal dalam bisnis, bukan hanya Starlink saja, menurut saya itu nggak masalah, sih, ya,” sambungnya.

Saat ditanya terkait kantor fisik, menurutnya, Starlink akan mencari kantor tetap di tempat lain. “Sementara di sini, saya sebutkan itu benar, tetapi saya yakin enggak selamanya di sini, saya yakin mereka akan cari kantor fix,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement