Advertisement

VW, Britishvolt, dan BASF Gabung Investasi Baterai Listrik di Indonesia

Reni Lestari
Kamis, 28 April 2022 - 04:47 WIB
Jumali
VW, Britishvolt, dan BASF Gabung Investasi Baterai Listrik di Indonesia Presiden Joko Widodo mengenakan helm sebelum menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai audiensi dengan pihak-pihak yang terkait produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018)./JIBI-Antara - Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Usai masuknya Contemporary Amperex Technology Co Limited (CATL) untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia, sejumlah perusahaan global tak mau ketinggalan.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut sejumlah nama yang sudah resmi akan berinvestasi di sektor tersebut, diantaranya BASF, VW, Britishvolt.

Advertisement

"Terakhir sudah positif BASF masuk, VW sudah positif masuk. Jadi sekarang yang masuk itu, LG, CATL, BASF, VW, Bristishvolt dari Inggris," kata Bahlil dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/4/2022).

Namun demikian, belum terkonfirmasi berapa besar nilai komitmen yang telah disepakati dan sampai mana proses kesepakatannya.

Belakangan viral pertemuan antara rombongan Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan Bos Tesla Elon Musk yang juga dalam rangka menarik investasi ke baterai listrik.

Bahlil mengatakan dengan hadirnya sejumlah pemain besar di Indonesia, akan menjadi kerugian bagi Tesla jika tak bergabung. Sebab Indonesia memiliki keunggulan kompetitif berupa cadangan nikel ore terbesar di dunia hingga 25 persen.

Adapun, proses maju-mundur Tesla untuk menanamkan investasinya di Indonesia dinilai sesuatu yang biasa dalam negosiasi bisnis.

"Jadi kalau Tesla tidak masuk, Amerika akan disuplai oleh Eropa dan UK. Secara geo ekonomi, ini sesuatu yang menarik untuk dikembangkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement