Advertisement

Keringkan Hape iPhone dan Samsung Pakai Beras Cuma Mitos! Ini yang Benar

Crysania Suhartanto
Kamis, 14 Maret 2024 - 13:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Keringkan Hape iPhone dan Samsung Pakai Beras Cuma Mitos! Ini yang Benar Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bagi mayoritas masyarakat, memasukan ponsel yang terkena air ke beras adalah solusi untuk mengatasi hal tersebut. Adapun hal tersebut hanyalah mitos. Berikut lima cata mengatasi ponsel yang terkena air.

Dikutip dari Slash Gear, Kamis (14/3/2024), menggunakan beras untuk mengeringkan ponsel bahkan akan membuat perangkat menjadi makin rusak. Adapun beberapa ponsel cerdas seperti iPhone, Samsung, dan Google Pixel sudah didesain untuk kedap air hingga tingkat tertentu. Hal inipun terlihat dari skala Ingress Protection (IP). Diketahui, digit pertama menunjukkan ketahanan perangkat terhadap debu dan kotoran. Sementara digit kedua menunjukkan ketahanan perangkat pada air. Apple, Samsung, dan Google biasanya memiliki peringkat IP68. Artinya, perangkat tersebut memiliki ketahanan air hingga tingkat 8 atau perangkat dapat bertahan saat terendam air sedalam 1,5 meter hingga 30 menit.

Advertisement

Lagipula, dengan dimasukkannya ponsel basah ke beras, akan ada debu beras, pati, atau air kecil yang ada di beras berpotensi masuk ke ponsel, melalui port pengisian daya ponsel, jack headphone, speaker, dan komponen internal lainnya. Jika hal tersebut sudah terjadi, akan sulit untuk membersihkannya. Bahkan laman Apple sendiri telah memperingatkan penggunanya untuk tidak memasukan ponselnya ke dalam beras. Adapun jika ponsel tersebut tidak dilengkapi dengan IP68, ponsel memang bisa kemasukan air. Namun, beras pun tidak mampu menghilangkan semua kelembaban dari komponen internal ponsel.

Baca Juga

Cara Menangani Ponsel yang Terkena Air

Cara Mudah Lindungi Ponsel saat Hujan

Sederet Ponsel yang Sebentar Lagi Tak Bisa Buat WhatsAppan

Pengeringan ponsel harus dilakukan dengan lebih menyeluruh untuk mencegah korosi di internal ponsel. Jika pengeringan ponsel tidak dilakukan dengan baik dan sudah terlanjur terjadi korosi, ponsel tidak dapat diselamatkan. Cara mengeringkan ponsel iPhone dan Samsung yang basah Adapun mengeringkan ponsel secara menyeluruh dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Keluarkan kartu SIM, SD, hingga baterai (jika bisa dilepas). Rongga-rongga tersebut dibersihkan menggunakan kain tidak berbulu. Ketuk ponsel dengan lembut ke tangan, untuk menghilangkan kelebihan air yang tersangkut di lubang pengisian daya, speaker, ataupun lubang microphone. Pengguna dapat mengelap port microphone dan speaker tersebut dengan kain yang tidak berbulu.

Biarkan smartphone mengering di ruangan yang hangat dan bukan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung atau menggunakan panas bertekanan tinggi. Hal ini dikarenakan tindakan tersebut akan makin merusak perangkat.

Adapun jika memiliki sebungkus silika gel, pengguna dapat membenamkan ponsel di mangkuk berisi silika gel. Diketahui, silika gel jauh lebih efektif daripada beras dan mampu menyerap kelembapan berlebih dengan baik. Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, alangkah baiknya membawa perangkat untuk diperiksa oleh profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement